Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kementerian PUPR Resmikan 4 Rusun di Kalimantan Barat

Pembangunan empat Rusun ini diharapkan dapat memperlancar kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan semangat bekerja.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  13:58 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/6/2019). - ANTARA/Dhemas Reviyanto
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/6/2019). - ANTARA/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meresmikan proyek empat rumah susun yang telah dirampungkan kontruksinya di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. 

Keempat rumah susun (Rusun) yang diresmikan antara lain adalah Rusun Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang, Rusun Yayasan Kabar Senang Sekola Tinggi Teologia (STT) Immanuel Sintang, Rusun Rumah Sakit rujukan Ade Moch Djoen, dan Rusun Ponpers Agropolitan Nurul Ma’arif.

Menteri Basuki mengatakan bahwa kebijakan pemerintah saat ini tetap fokus pada pembangunan infrastruktur, sebagai langkah yang ditempuh untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas SDM, termasuk di bidang Perumahan. 

“Dengan pembangunan empat Rusun ini diharapkan dapat memperlancar kegiatan belajar mengajar, meningkatkan semangat bekerja, serta membentuk mental hidup bersama untuk menciptakan lingkungan yang berbudaya, beradab,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan resmi yang dirilis pada laman resmi Kementerian PUPR, Jumat (14/2/2020). 

Ketua DPR Komisi V Lasarus mengatakan Rumah Susun Seminari Santo Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang ini dibangun karena keterbatasan prasarana dan sarana dari Seminari. 

“Kondisi ini berat bagi mereka, sehingga tidak heran bila sebelumnya hanya sedikit yang menjadi imam pastor,” ucapnya.

Rusun Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang berlokasi di Jalan Teluk Menyurai Kecamatan Sintang.

Proyek itu dikerjakan oleh kontraktor PT Bumi Aceh Citra Persada dengan anggaran sebesar Rp13 miliar dari APBN 2019. 

Rusun tersebut terdiri dari 2 lantai tipe 24 dengan total 42 unit dapat menampung 168 mahasiwa.

Kedua, Rusun STT Imanuel Sintang berlokasi di Jl. Raya Sintang - Tebelian, dikerjakan oleh kontraktor PT Arlinda Budiman Sejahtera dengan anggaran Rp12,9 miliar dari APBN TA 2019. 

Rusun terdiri dari 2 lantai tipe 24 dengan total 42 unit dapat menampung 168 mahasiwa.

Ketiga, Rusun Rumah Sakit Rujukan Ade Moch Djoen berlokasi di jalan Oevang Oeray Kabupaten Sintang dikerjakan oleh PT Teguh Karya Sejati dengan anggaran Rp12,3 miliar dari APBN TA 2018.

Rusun terdiri dari 3 lantai Tipe 36 dengan total 42 unit untuk memberikan tempat tinggal bagi tenaga medis dan rumah singgah keluarga pasien.

Keempat Rusun Ponpes Agropolitan Nurul Ma’arif berlokasi di jalan Raya Sintang - Tebelian KM 10 Kabupaten Sintang terdiri atas 3 lantai Tipe 36 Barak dengan jumlah 12 unit dan dibangun pada TA 2017 dengan biaya Rp9,6 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rusun Kementerian PUPR
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top