Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Butuh Rp710 Miliar untuk Bangun 148 Jembatan pada 2020

Kementerian PUPR menganggarkan Rp710 miliar untuk membangun ratusan jembatan pada tahun ini. Banyaknya manfaat menjadi dasar kementerian membuat proyek tersebut.
Ilustrasi - Jembatan Progo di Kab. Temanggung, Jawa Tengah dalam perbaikan./Bisnis-Antara
Ilustrasi - Jembatan Progo di Kab. Temanggung, Jawa Tengah dalam perbaikan./Bisnis-Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Demi menyambungkan antarwilayah di banyak daerah di Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) bakal menggelontorkan Rp710 miliar untuk membangun jembatan pada 2020.

Nominal tersebut akan digunakan kementerian untuk membangun 148 unit jembatan di seluruh wilayah Indonesia. Menurut kementerian, dari ratusan jembatan yang sudah dibangun sejak 2015, masyarakat telah merasakan manfaatnya.

Keberadaan jembatan akan mempermudah dan mempersingkat waktu perjalanan masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, atau menyelesaikan urusan administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Kamis (13/2/2020).

Selain menjadi akses penghubung antardesa, lanjutnya, jembatan gantung juga dapat menggerakkan potensi ekonomi perdesaan sebagai objek wisata.

"Kehadiran jembatan gantung sangat dibutuhkan masyarakat karena kondisi geografi wilayah Indonesia yang memiliki banyak gunung, lembah dan sungai. Secara fisik, kondisi ini kerap menjadi pemisah antara lokasi tempat tinggal penduduk dengan berbagai fasilitas pelayanan publik seperti sekolah, pasar, dan kantor pemerintahan," ucapnya.

Pada 2019, Kementerian PUPR juga telah membangun sebanyak 140 unit jembatan gantung di berbagai pelosok tanah air dengan anggaran sebesar Rp608,69 miliar.

Selama empat tahun atau tepatnya periode 2015-2018, Kementerian PUPR sudah membantu pemerintah daerah membangun 300 unit jembatan gantung, di mana pada tahun 2015 sebanyak 10 unit sepanjang 774 meter dengan anggaran sebesar Rp210,57 miliar.

Kemudian pada tahun 2016 sebanyak 7 unit sepanjang 720 meter dengan anggaran sebesar Rp19,3 miliar, serta pada tahun 2017 sebanyak 13 jembatan sepanjang 814 meter dengan anggaran sebesar Rp38,28 miliar. Selanjutnya pada tahun 2018, 130 jembatan sepanjang 9.290 meter selesai dibangun dengan anggaran sebesar Rp530,43 miliar.

PUPR memastikan bahwa jembatan gantung dirancang secara matang, mulai dari pemilihan material hingga penerapan teknologi yang berkualitas. Penggunaan material jembatan gantung seperti baja, kabel, dan baut juga menggunakan produk dalam negeri buatan Indonesia.

Selain itu, dibangunnya jembatan gantung merupakan usulan dari Pemerintah Daerah (Pemda Provinsi/Kabupaten/Kota) setempat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), TNI, dan DPRD yang diajukan kepada Kementerian PUPR dengan mempertimbangkan kondisi wilayah, sosial, ekonomi, potensi wilayah, dan kesesuaian lokasi, manfaat, dan urgensi pembangunan jembatan.

Sebagaimana diwartakan, Anggota Komisi V DPR RI Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz menginginkan agar berbagai akses infrastruktur seperti berbagai bandara dan pelabuhan serta jalan nasional dapat ditingkatkan dengan berbagai kawasan pedesaan yang merupakan daerah produksi kerakyatan.

Neng Eem menyoroti masih adanya kesenjangan antara infrastruktur nasional dengan pusat ekonomi berbasis kerakyatan yang ada di pedesaan-pedesaan.Untuk itu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu menginginkan agar gencarnya pembangunan berbagai infrastruktur jalan jangan hanya menjadi simbol prestisius tetapi nyata berdampak meningkatkan perekonomian warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Andya Dhyaksa
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper