Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KKP Bangun Pusat Pengembangan Induk Ikan Unggul Nasional

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan membangun pusat pengembangan induk ikan unggul nasional (national broodstock center) di Kabupaten Musi Rawas.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 31 Januari 2020  |  03:59 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan membangun pusat pengembangan induk ikan unggul nasional (national broodstock center) di Kabupaten Musi Rawas. 

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto pemilihan Musi Rawas sebagai lokasi broodstock center lantaran pemerintah daerahnya memiliki komitmen tinggi dalam upaya memajukan perikanan budidaya selain karena sebagai salah satu sentral budidaya ikan air tawar.

"Kami akan fokus untuk kembangkan komiditas unggulan ikan air tawar dan di dorong untuk mensuplai kebutuhan nasional khususnya di wilayah Sumatera," katanya dalam siaran pers, Kamis (30/1/2020).

Dia menjelaskan keberadaan broodstock center ini nantinya akan berdiri sendiri menjadi balai dan jadi penyangga stock suplai induk ikan unggul dan benih bermutu guna memenuhi kebutuhan nasional, khususnya untuk wilayah Sumatera. 

Dia menargetkan nantinya broodstock center ini akan mampu memproduksi induk unggul minimal 400.000 ekor per tahun dan minimal 20 juta ekor benih bermutu per tahun dengan komoditas utama yakni ikan nila, patin, jenis ikan endemik dan lokal, dan ikan hias spesifik lokal.

"Keberadaan broodstock center ini sangat penting dan strategis sebagai bagian dalam mengembangkan logistik induk dan benih nasional," katanya. 

Anggaran untuk pembangunan broodstock center ini diperkirakan menelai biaya sekitar Rp200 milyar. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top