Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Paxel Genjot Segmen Paket Makanan

Paxel akan meningkatkan layanan pengiriman produk makanan yang diprediksi bakal moncer di bidang bisnis logistic pada tahun ini.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 31 Januari 2020  |  16:14 WIB
Pekerja mengerjakan pembuatan roti maryam di industri rumahan Ka Nung Bakery Bogor, Jalan Sadane, Empang, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (5/6). - Antara/Arif Firmansyah
Pekerja mengerjakan pembuatan roti maryam di industri rumahan Ka Nung Bakery Bogor, Jalan Sadane, Empang, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (5/6). - Antara/Arif Firmansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan pengiriman produk makanan diprediksi bakal lebih mendominasi bisnis logistik dibandingkan dengan jenis lain pada tahun ini seiring dengan waktu pengiriman yang semakin cepat.

Paxel, perusahaan penyedia layanan pengiriman di hari yang sama (same day service), tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan layanan pengiriman untuk produk makanan. Terlebih, produsen makanan khas di beberapa kota Tanah Air mulai menjamur dan semakin diminati masyarakat.

“Awalnya saat menggarap bisnis ini tidak membayangkan bahwa yang merespon cepat adalah makanan dan berkontribusi besar. Sekarang dengan flat price atau harga jual yang sama dengan UMKM, segmen pasarnya bisa lebih luas,” kata Chief Operating Officer Paxel Zaldy Ilham Masita, Jumat (31/1/2020).
 
Tingginya animo UMKM produsen makanan yang mengandalkan Paxel juga terlihat pada akhir 2019, yaitu pada 25 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. Pada periode ini, saat sebagian besar masyarakat merayakan Natal dan Tahun Baru 2020, pengiriman makanan tampak mendominasi.
 
Berdasarkan data Paxel Food Journey 2019, yang memuat sepuluh jenis makanan khas Nusantara, memperlihatkan terdapat 2.286 pembeli yang mengirimkan 3.642 makanan lewat same day delivery.
 
Bandung menjadi kota dengan asal pengiriman makanan terbanyak, yaitu mencapai 45% dari total pengiriman, disusul oleh Bogor 12% dan Jakarta 11%. Jika ditinjau dari lokasi pembeli, Kota Kembang juga masih mendominasi sebesar 19% dari total pemesan, disusul Bekasi 18,4%, dan Bogor 13%.
 
Dari tiga jenis makanan yang paling sering dipesan, ternyata Cilok Cepot Bandung banyak dikirimkan ke Bandung, Bekasi dan Bogor. Adapun, Pisang Goreng Bu Nanik Jakarta, paling sering dikirimkan ke Bekasi, Bandung dan Tangerang. Terakhir, Bebek Sinjay Surabaya paling banyak singgah ke Bekasi, Bantul dan Tangerang Selatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm makanan logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top