Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

UMKM Picu Kinerja Logistik Paxel Hingga Tumbuh 650%

Paxel, perusahaan penyedia layanan pengiriman di hari yang sama (same day service), mengklaim mampu mencatatkan pertumbuhan kiriman hingga 650% sepanjang 2019 karena ditopang oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 31 Januari 2020  |  15:20 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Paxel, perusahaan penyedia layanan pengiriman di hari yang sama (same day service), mengklaim mampu mencatatkan pertumbuhan kiriman hingga 650% sepanjang 2019.

Chief Operating Officer Paxel Zaldy Ilham Masita memaparkan jumlah pengiriman layanan same day sepanjang 2019 mencapai 1,5 juta kali lipat, sedangkan pengiriman serupa pada 2018 hanya 200.000 kali. Pertumbuhan ini ditopang oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sebagai pengguna jasa, yang mengandalkan kecepatan pengiriman kepada pembeli.

"Melesatnya pertumbuhan pengiriman barang antar kota dan dalam kota, didorong oleh tingginya permintaan baik makanan beku maupun cepat saji yang mendominasi sebesar 50%. Disusul sektor fesyen dan kecantikan," kata Zaldy, Jumat (31/1/2020).

Dia menambahkan mayoritas pelaku UMKM menjual makanan atau barang lain yang sensitif terhadap waktu, sehingga penerimaan kepada konsumen harus dilakukan pada hari yang sama. Perputaran modal akan menjadi lebih cepat karena lazimya mereka baru memperoleh pendapatan ketika barang yang dikirim sudah sampai tempat tujuan.

Pola ini, imbuhnya, dapat terlihat dari profil layanan pengguna yang mayoritas atau sebesar 80% merupakan ritel daring. Sisanya, merupakan pelanggan korporasi yang mengirim dalam jumlah besar dari gudang kepada konsumen.

Bisnis same day service dinilai menjadi segmen baru setelah keberhasilan aplikasi ojek online dalam membelikan makanan. Menurutnya, tantangan yang harus dikelola adalah menjanjikan pengiriman dengan jarak yang semakin jauh, tetapi waktu penerimaan yang tetap di hari yang sama.

Melihat pesatnya pertumbuhan layanan ini, perusahaan menargetkan volume pengiriman dapat mencapai 3 juta kali pada kuartal I/2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik e commerce
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top