Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Terpopuler Ekonomi, Investasi Asing Masih Malu-Malu dan Realisasi Investasi Jepang Kalah dari China

Investasi asing yang masih malu-malu menjadi berita terpopuler di kanal Ekonomi Bisnis.com pada Rabu (29/1/2020).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  19:30 WIB
Pekerja merakit panel listrik yang diproduksi di pabrik pintar Schneider Electric Indonesia, Cikarang, Jawa Barat, Selasa (25/6/2019). Schneider Electric meresmikan pengoperasian pabrik pintarnya di Cikarang yang menggabungkan sistem otomasi industri dan pemanfaatan energi terbarukan utuk kegiatan operasionalnya serta merupakan pabrik Engineer-to-Order Schneider Electric terbesar di Asia.  - foto ANTARA
Pekerja merakit panel listrik yang diproduksi di pabrik pintar Schneider Electric Indonesia, Cikarang, Jawa Barat, Selasa (25/6/2019). Schneider Electric meresmikan pengoperasian pabrik pintarnya di Cikarang yang menggabungkan sistem otomasi industri dan pemanfaatan energi terbarukan utuk kegiatan operasionalnya serta merupakan pabrik Engineer-to-Order Schneider Electric terbesar di Asia. - foto ANTARA

1. Investasi Asing Masih Malu-Malu

Realisasi investasi pada 2019 berhasil menembus Rp809,6 triliun atau melampaui target awal yang ditetapkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebesar Rp792 triliun.

Namun, jika ditelisik lebih dalam, pertumbuhan investasi asing ternyata tak cukup meyakinkan dalam 6 tahun terakhir.

Baca berita lengkapnya di sini.

2. Menakar Dampak Virus Corona ke Ekonomi Indonesia

Ekonomi China berpotensi melambat akibat wabah virus corona dan memunculkan risiko tekanan pada pertumbuhan Indonesia karena penurunan permintaan ekspor.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan laju Produk Domestik Bruto (PDB) China tak akan sampai 6 persen akibat wabah virus zoonosis itu. Berkaca pada pengalaman wabah SARS di China, wabah yang terjadi pada 1 kuartal memiliki pengaruh atas 2 kuartal di China.

Baca berita lengkapnya di sini.

3. Menanti Kejutan Kebijakan The Fed

Federal Reserve Amerika Serikat (AS) dijadwalkan untuk menelurkan hasil pertemuan kebijakan terbarunya pada Rabu (29/1/2020) atau Kamis (30/1/2020) WIB.

Dalam hasil pertemuannya nanti, bank sentral AS tersebut diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuannya di kisaran 1,50 persen – 1,75 persen. Sejurus kemudian, Gubernur The Fed Jerome Powell dijadwalkan memberikan keterangan kepada awak media.

Baca berita lengkapnya di sini.

4. Pertamina Targetkan Serapan FAME 8,38 Juta Kiloliter

PT Pertamina (Persero) menargetkan serapan unsur nabati berupa fatty acid methyl ether atau FAME untuk biodiesel 30 persen (B30) tumbuh 52,36 persen dari realisasi pada 2019.

Dalam rapat dengar pendapat bersama dengan Komisi VII DPR RI, Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina mengatakan pada tahun ini pihaknya menargetkan penyerapan FAME untuk B30 sebanyak 8,38 juta kiloliter.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Realisasi Investasi Jepang Kalah dari China, Ini Penyebabnya

Realisasi investasi China ke Indonesia pada 2019 melesat dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rabu (29/1/2020), Negeri Tirai Bambu yang tengah dirundung virus Corona itu, pada 2019 menggandakan nilai investasinya menjadi US$4,7 miliar dari US$2,4 miliar pada 2018.

Baca berita lengkapnya di sini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Berita Terpopuler
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top