Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sulawesi Selatan Kembangkan Dua Varietas Jagung Unggul

Gubernur Sulawesi Selatan M. Nurdin Abdullah meluncurkan dua variates jagung unggul baru yang diberi nama NA1dan NA2 di Lejja, Kabupaten Soppeng.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Januari 2020  |  16:38 WIB
Sulawesi Selatan Kembangkan Dua Varietas Jagung Unggul
Ilustrasi petani memanen jagung. - Antara/Maulana Surya
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan M. Nurdin Abdullah meluncurkan dua variates jagung unggul baru yang diberi nama NA1dan NA2 di Lejja, Kabupaten Soppeng, pada Selasa (21/1/2020).

Gubernur Nurdin Abdullah mengaku varietas baru itu merupakan gagasannya dengan tim pertanian yang sepakat untuk mengembangkan jagung tersebut di Sulsel, bahkan juga di Indonesia.

"Jagung ini tongkolnya besar dan beratnya luar biasa berat. Jagung ini sebenarnya dimakan mentah juga enak, jagung ini bukan jagung sembarangan," kata mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Dua varietas jagung unggul itu juga sudah pernah ditanam di Kabupaten Bantaeng sejak 2014. Oleh karena itu, dua varietas ini ingin disebarluaskan di seluruh daerah di Sulsel.

Bahkan varietas unggul ini rencananya akan dikembangkan terlebih dahulu di Sulsel, setelah itu akan ditingkatkan menjadi varietas baru di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pertanian Sulsel Fitriani menjelaskan penanaman bibit jagung NA2 dan NA2 ini sekaligus untuk menguji varietas baru ini di Soppeng.

"Ini untuk menguji kebenaran dan ketahanan jagung varietas baru, baik yang NA1 dan NA2, walaupun sudah pernah ditanam di Bantaeng sebelumnya," ujarnya.

Dia mengutarakan selain target untuk di pasarkan di wilayah Sulsel, varietas baru ini akan ditargetkan untuk dipasarkan sampai tingkat nasional.

Khusus di Lejja, Soppeng, ditargetkan menjadi pusat buah-buahan bagi wisatawan selepas menikmati air panas Lejja.

"Di sini juga sesuai arahan Bapak Gubernur Sulsel tahun lalu akan dijadikan pusat buah-buahan, dan di sini juga ada rumah bibit buah-buahan serta rumah alat alsintan (alat mesin pertanian)," kata Fitriani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jagung sulawesi selatan

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top