Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Smartaviation : Program Angkutan Perintis Ringankan Biaya Operasional

PT Smart Cakrawala Aviation atau Smartaviation mengaku program angkutan udara perintis Kementerian Perhubungan 2020 bisa membantu biaya operasional maskapai hingga 10 persen.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 09 Januari 2020  |  23:10 WIB
Tangkapan layan website smartaviation
Tangkapan layan website smartaviation

Bisnis.com, JAKARTA - PT Smart Cakrawala Aviation atau Smartaviation mengaku program angkutan udara perintis Kementerian Perhubungan 2020 bisa membantu biaya operasional maskapai hingga 10 persen.

Presiden Direktur Smartaviation Pongky Majaya mengatakan kontrak yang didapatkan adalah untuk beroperasi pada rute perintis Nabire, Timika, dan Dekai. Adapun, fokus utama maskapai adalah angkutan kargo perintis.

"Subsidi dari Kemenhub bisa membantu biaya operasional, kira-kira 10 persen. Dengan kata lain, kami mendapatkan keuntungan kurang lebih 10 persen dari total biaya operasional," kata Pongky, Kamis (9/1/2020).

Dia menambahkan subsidi akan didapatkan setelah maskapai menjalankan penerbangan sesuai kontrak yang didapatkan. Setiap bulan maskapai menerbitkan tagihan (invoice) dan dibayar oleh pemerintah.

Maskapai yang baru pertama kali mengikuti program angkutan perintis ini menyebutkan tujuan utama mengikuti program perintis agar bisa berkontribusi untuk konektivitas Papua. Terlebih, di beberapa destinasi hanya bisa diakses melalui jalur udara.

Pongky menuturkan dengan program subsidi maskapai mampu mengembangkan bisnis ke daerah-daerah terpencil di luar penerbangan reguler. Hasilnya, terdapat penambahan frekuensi penerbangan.

Pongky mengungkapkan potensi kargo di wilayah paling timur Indonesia tersebut cukup tinggi. Terbukti dengan seluruh pesawat Smartaviation yang selama ini terpakai dan tidak pernah kosong.

"Pesawat saat ini ada sembilan unit menggunakan jenis Cesna Caravan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan perintis
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top