Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kementerian ESDM, Kemendagri, dan Kepolisian Bersinergi Awasi Distribusi BBM

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjalin sinergi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam pengawasan layanan penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM).
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 09 Januari 2020  |  13:33 WIB
Dari kiri ke kanan: Kapolri Idham Aziz, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo menandatangani pernyataan bersama tentang Pengawasan Bersama Penyediaan dan Pendistribusian BBM di Wilayah NKRI di kantor Kementerian ESDM Jakarta, Kamis (9/1/2020). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Dari kiri ke kanan: Kapolri Idham Aziz, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo menandatangani pernyataan bersama tentang Pengawasan Bersama Penyediaan dan Pendistribusian BBM di Wilayah NKRI di kantor Kementerian ESDM Jakarta, Kamis (9/1/2020). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjalin sinergi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam pengawasan layanan penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM).

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan pemerintah wajib menjamin ketersediaan dan kelancaran pendistribusian BBM. Melihat realisasi penyaluran BBM 2019, Arifin mengakui adanya over kuota BBM bersubsidi yang signifikan akibat adanya penyelewengan.

“Kami sangat merasa terdukung dengan komitmen Kapolri terkait intensitas pengawasan tahun ini dan juga masukan Mendagari untuk mengubat aturan yang ada. Intinya, untuk meningkatkan pelaksanaan, pengawasan dan, penindakan di lapangan,” katanya, dalam pernyataaan bersama tentang Pengawasan Bersama Penyediaan dan Pendistribusian BBM di Wilayah NKRI di kantor Kementerian ESDM Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Pernyataan bersama ini difokuskan untuk jenis BBM tertentu (JBT) jenis minyak solar dan jenis BBM khusus penugasan (JBKP) jenis premium di seluruh wilayah Indonesia sehingga pendistribusiannya tepat sasaran dan tepat volume.

Kapolri Idham Aziz berkomitmen mendukung penyaluran BBM yang lebih baik pada tahun ini. Sinergi pemerintah dan Polri ini pun meresmikan pembentukan Satgas Kuda Laut.

“Ayo kita sama-sama bangun komunikasi. Kami tindak tegas yang melanggar. Untuk itu, saya berkomitmen saya bentuk satgas kuda laut agar kita mengawal program pemerintah ini," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo mengungkapkan sinergi antarinstansi ini bukan bagian dari pembatasan kewenangan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan kegiatan migas.

"Dalam implementasinya di daerah, harus kita maknai bukan sebagai membatasi peran pemda dalam dukungan penyelenggaraan minyak bumi. Gubernur dan kepala daerah tetap memiliki peran yang sangat signifikan terhadap penyelenggaraan layanan kepada masyarakat," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bbm subsidi kepolisian
Editor : Lucky Leonard
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top