Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Viral Penumpang Kecewa Maskapai, Menteri Budi Ingatkan Kepuasan Pelanggan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta maskapai penerbangan mengedepankan kepuasan pelanggan dalam memberikan pelayanan kepada penumpang.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 07 Januari 2020  |  21:31 WIB
Pesawat Garuda Indonesia terbang melintas di atas jalan raya saat bersiap mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (14/1/2019). - ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Pesawat Garuda Indonesia terbang melintas di atas jalan raya saat bersiap mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (14/1/2019). - ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta maskapai penerbangan mengedepankan kepuasan pelanggan dalam memberikan pelayanan kepada penumpang.

Peringatan ini terkait insiden tidak menyenangkan dari pilot dan awak kabin Garuda Indonesia pada penerbangan kelas bisnis GA 404 Jakarta-Denpasar pada Sabtu (4/1/2020) lalu yang kemudian viral di media sosial.

"Kami sebagai regulator tetap minta kepada para operator [penerbangan] mempersiapkan tim yang punya dasar customer satisfaction yang bagus," kata Budi di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (07/1/2020).

Menurut Budi, pembenahan pelayanan terus didorong oleh pemerintah baik pada fasilitas dan layanan bandara. Pemerintah juga telah meminta maskapai melakukan peremajaan pesawat. Tujuannya meningkatkan kenyamanan bandara sebagai gerbang pariwisata nasional.

"Penerbangan itu ujung tombak dari wisata, jadi kalau operator tidak siapkan customer satisfaction maka akan bermasalah," katanya.

Sebelumnya Pelaksana Tugas Direktur Utama Garuda Indonesia Fuad Rizal dalam keterangannya di Jakarta, Senin (6/1/2020), menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang tersebut.

“Saat ini Garuda Indonesia sedang melakukan investigasi atas pilot dimaksud untuk mengetahui lebih lanjut dugaan apakah yang bersangkutan telah melampaui kewenangannya ketika bertugas atau telah bekerja sesuai prosedur," kata Fuad

Ia mengaku pihaknya terus berkomunikasi dengan penumpang tersebut dan berupaya menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan sebaik-baiknya.

“Perlu kiranya kami sampaikan bahwa sebelumnya Garuda Indonesia tidak pernah mengeluarkan pernyataan resmi atau data penumpang maupun informasi apapun terkait dengan insiden ini kepada media dan publik,” ujarnya.

Ia menyesalkan beredarnya data pribadi penumpang dan keluarga sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.

“Dapat kami pastikan bahwa hal tersebut bukan berasal dari Garuda Indonesia,” ujar Fuad.

Seorang penumpang di penerbangan GA 404 dengan akun @jesswjk menceritakan hal yang tidak menyenangkan yang dialaminya saat penerbangan tersebut.

Ia mengaku ditahan oleh petugas keamanan penerbangan (avsec) atas perintah pilot berdasarkan surat keterangan agar yang bersangkutan tidak keluar lounge untuk diminta klarifikasi atas tuduhan penghinaan terhadap maskapai pelat merah tersebut.

Surat keterangan tersebut ditandatangani oleh Unit Post Flight Garuda Indonesia Denpasar I Wayan Sugiarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

garuda indonesia
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top