Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pengoperasian Tol Layang Japek II Tunggu Jadwal Presiden

BPJT memastikan bahwa ruas tol dengan panjang sekitar 38 kilometer ini sudah bisa dilalui pada 20 Desember 2019
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 09 Desember 2019  |  17:44 WIB
Kendaraan petugas pemelihara tol melintas di atas jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/12/2019). - ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Kendaraan petugas pemelihara tol melintas di atas jalan Tol layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (4/12/2019). - ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Bisnis.com, JAKARTA — Jalan tol layang Jakarta—Cikampek dipastikan beroperasi pada 20 Desember 2019. Peresmian tol ini pun tinggal menunggu jadwal dari Presiden Joko Widodo.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit mengatakan bahwa selama 2 hari terus dilakukan pemantauan guna memenuhi uji laik fungsi (ULF).

"Harapan kita bisa terbitkan SLO [sertifikat laik operasi] pada tanggal 11 [Desember 2019]. Jadi, peresmian setelah itu seharusnya," ujarnya, Senin (9/12/2019).

Namun, Danang memastikan bahwa ruas tol dengan panjang sekitar 38 kilometer ini sudah bisa dilalui pada 20 Desember 2019 atau tepat sebelum musim liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Kemudian, terkait dengan tarif akan ditentukan sekitar sebulan setelah peresmian.

"Kalau tarif masih ada waktu 1 bulan dari sekarang. Jadi, dipastikan hingga akhir tahun, walaupun telah beroperasi, masih gratis," imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani mengatakan bahwa kemungkinan besar tarif tol layang Japek akan menggunakan skema blended. Pasalnya, skema tersebut adalah yang diusulkan oleh Jasa Marga.

"Usulan kami blended [tarif]. Jadi, semua pengguna jalan itu cuma satu pertimbangannya, mau ke Bandung dan Trans-Jawa lewat atas. Kalau yang dekat-dekat seperti Bekasi ya lewat bawah," ujarnya seusai peresmian jalan tol Kunciran—Serpong oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (6/12/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tol jakarta-cikampek
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top