Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Perkembangan Terkini Pembangunan Tol Trans-Sumatra

Secara keseluruhan, hingga saat ini Hutama Karya telah membangun jalan tol di Sumatra sejauh 469,50 kilometer.
Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung./Antara
Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung./Antara

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutama Karya (Persero) terus menggenjot pembangunan jalan tol Trans-Sumatra setelah sukses merampungkan dua ruas di Sumatra bagian Selatan, yaitu tol Bakauheni—Terbanggi Besar sepanjang 140,90 kilometer dan Terbanggi Besar—Pematang Panggang—Kayu Agung (189 kilometer.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan bahwa pengoperasian ruas Bakauheni—Terbanggi Besar dan Terbanggi Besar—Pematang Panggang-Kayu Agung membuat waktu tempuh Bakahuheni ke Palembang hanya berkisar 4 jam—5 jam. Begitu pun sebaliknya.

Hutama Karya, tuturnya, juga fokus mengerjakan ruas-ruas prioritas lain. Secara keseluruhan, ada 24 ruas sepanjang 2.765 kilometer yang ditugaskan kepada BUMN itu.

Fauzan menuturkan bahwa di Sumatra bagian tengah, Hutama Karya menargetkan pengoperasian ruas Pekanbaru—Dumai (131 kilometer) pada Maret 2020.

"Proyek ini terbagi menjadi 6 seksi dengan progres pembangunan konstruksi rata-rata mencapai 77 persen. Seksi 1 sepanjang 9,50 kilometer insyaallah bisa selesai akhir tahun 2019 ini,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (2/12/2019).

Dia menerangkan bahwa seksi 2, 3, dan 4 masih dalam tahap penyelesaian pembebasan lahan, sedangkan konstruksi di seksi 5 dan 6 sudah bisa dikebut karena seluruh lahan telah dibebaskan. Selain jalan tol, di ruas Pekanbaru—Dumai juga dibangun enam pelintasan untuk kawanan gajah.

Sementara itu, di ruas Pekanbaru—Padang (255 kilometer), tahapan konstruksi telah dimulai di seksi 5 Padang—Sicincin sepanjang 29 kilometer.

“Saat ini dalam tahap pembebasan lahan dan diharapkan pada 2020 kami dapat melakukan pembangunan konstruksi penuh,” ujar Fauzan.

Di Aceh, pembebasan lahan untuk proyek Sigli—Banda Aceh (74 kilometer) terus berjalan dan secara pararel telah dimulai pekerjaan konstruksi.

Fauzan menyebutkan bahwa di seksi 4 Indrapuri—Blangbintang (13,50 kilometer), pembebasan lahan hampir tuntas. Jalan tol Sigli—Banda Aceh merupakan bagian dari pembangunan jalan tol di koridor Medan—Banda Aceh sejauh 470 kilometer.

Secara keseluruhan, hingga saat ini Hutama Karya telah membangun jalan tol di Sumatra sejauh 469,50 kilometer. Jumlah itu terdiri atas jalan tol Bakauheni—Terbanggi Besar, Terbanggi Besar—Pematang Panggang—Kayu Agung, Palembang—Indralaya (22 kilometer), dan Medan—Binjai (13 kilometer).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper