Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Daun Sawit bisa Jadi Pakan Ternak, Berat Hewan Naik 10 Kilogram per Bulan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, menciptakan inovasi berupa alat pemisah daun sawit dengan lidi untuk dijadikan pakan ternak.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 26 November 2019  |  13:59 WIB
Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza (tengah) meninjau daun sawit yang telah diolah untuk dijadikan pakan ternak, Selasa 26 November 2019.Foto: Istimewa
Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza (tengah) meninjau daun sawit yang telah diolah untuk dijadikan pakan ternak, Selasa 26 November 2019.Foto: Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, menciptakan inovasi berupa alat pemisah daun sawit dengan lidi untuk dijadikan pakan ternak.

Staf Khusus Bupati Musi Banyuasin (Muba) Bidang Pengentasan Kemiskinan, Hary Agus Wibowo, mengatakan daun sawit yang sudah dipisahkan dari lidi tersebut cocok untuk menjadi pakan ternak kambing dan sapi.

“Alat ini sudah kami coba di Desa Purwosari dan Lais. Dengan adanya alat tersebut maka petani dapat mengolah bagian lain dari sawit, tidak hanya buahnya,” katanya, Selasa (26/11/2019).

Menurut dia, inovasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani maupun peternak di daerah itu.

“Jadi, dengan makan pakan tersebut, hewan ternak bisa naik beratnya mencapai 10 kilogram per bulan. Ini salah satu upaya untuk pengentasan kemiskinan di Muba,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk menciptakan alat tersebut dirinya hanya membutuhkan waktu tiga hari.

"Saat ini alat tersebut baru satu unit, ke depan akan kami kembangkan dan ditargetkan setiap desa dan RT bisa memiliki satu unit," katanya.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza mengatakan Pemkab Muba akan memfasilitasi pengembangan inovasi tersebut.

"Jadi, selama ini daun sawit itu dibiarkan saja. Nah, dengan alat inovasi ini daun sawit jadi bermanfaat dan lidinya bisa dijual untuk menambah penghasilan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pakan ternak sawit
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top