Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ada 7 KA Baru yang Berangkat dari Gambir dan Pasar Senen, Ini Daftarnya

Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan penambahan kereta api (KA) baru di Stasiun Senen dan Gambir dilakukan sesuai dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan KA 2019.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 22 November 2019  |  12:59 WIB
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong kereta 'Sleeper Luxury 2' yang dirangkaikan dengan kereta Argo Lawu jurusan Gambir-Solo Balapan sebelum berangkat di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (28/5/2019). PT. Kereta Api Indonesia meluncurkan generasi baru kereta 'Sleeper Luxury 2' yang hanya memuat 26 kursi. -  ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong kereta 'Sleeper Luxury 2' yang dirangkaikan dengan kereta Argo Lawu jurusan Gambir-Solo Balapan sebelum berangkat di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (28/5/2019). PT. Kereta Api Indonesia meluncurkan generasi baru kereta 'Sleeper Luxury 2' yang hanya memuat 26 kursi. - ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan akan ada tujuh kereta api baru yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen mulai 1 Desember 2019.

Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah mengatakan penambahan kereta api (KA) baru ini dilakukan sesuai dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2019, sesuai Keputusan Menteri Perhubungan No. 1781/2019 tentang Penetapan Grafik Perjalanan KA Tahun 2019 PT KAI (Persero).

“Penetapan Gapeka 2019 merupakan penggantian terhadap Gapeka 2017 yang sebelumnya digunakan oleh KAI. Tentunya dengan beroperasinya KA baru ini kami berharap dapat memenuhi aspirasi dan kebutuhan pelanggan terhadap layanan kereta api," katanya dalam siaran pers, Jumat (22/11/2019).

Dengan kehadiran tujuh KA Baru di PT KAI Daop 1 Jakarta, dia menilai kebutuhan perjalanan pengguna kereta api akan semakin terakomodasi. Adapun, dari tujuh KA baru tersebut tiga di antaranya keberangkatan dari Stasiun Gambir dan empat KA lainnya keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen.

Daftar tiga KA Baru di Stasiun Pasar Senen antara lain KA Anjasmoro Ekspres relasi Pasar Senen - Yogyakarta - Jombang (pp), dengan keberangkatan dari pukul 05.25 WIB. KA Dharmawangsa Ekspres relasi Pasar Senen -Surabaya Pasar Turi (pp), dengan keberangkatan pukul 08.25 WIB.

KA Fajar Utama Solo relasi Pasar Senen - Solo (pp), dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 05.50 WIB. KA ini merupakan perubahan nama dari Senja Utama Solo lantaran perubahan waktu keberangkatan yang sebelumnya malam hari menjadi berangkat di pagi hari.

KA Mutiara Selatan sebelumnya Malang - Surabaya Gubeng-Bandung (pp), kini mengalami perpanjangan relasi menjadi Malang - Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir (pp). Jam keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 17.10 WIB.

Sementara itu, daftar empat KA Baru di Stasiun Gambir yakni KA Argo Wilis sebelumnya Surabaya Gubeng - Bandung (pp), kini mengalami perpanjangan relasi menjadi Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir (pp). Jam keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 05.00 WIB.

KA Malabar sebelumnya Malang - Bandung (pp), kini mengalami perpanjangan relasi menjadi Malang - Bandung - Pasar Senen (pp). Jam jadwal keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 16.10 WIB.

KA Turangga sebelumnya Surabaya Gubeng – Bandung (pp), kini mengalami perpanjangan relasi menjadi Surabaya-Bandung-Gambir (pp). Jam keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 14.00 WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai kereta api Kemenhub
Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top