Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inkindo Pacu Digitalisasi Sektor Konstruksi

Dalam waktu dekat, Inkindo akan meluncurkan aplikasi data material yang akan memudahkan para anggota menemukan rantai pasok material.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 20 November 2019  |  06:57 WIB
Siluet pekerja di proyek pembangunan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (3/10/2018). - JIBI/Nurul Hidayat
Siluet pekerja di proyek pembangunan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (3/10/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Ikatan Nasional Konsultan Indonesia terus menggenjot upaya digitalisasi di sektor konstruksi sejalan dengan arahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ketua DPN Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) Peter Frans mengatakan bahwa pihaknya tengah menggenjot digitalisasi di dua sektor yakni sumber daya manusia konstruksi dan rantai pasok material konstruksi.

"Inkindo berusaha melakukan digitalisasi di era industri 4.0 sesuai dengan kebutuhan. Kami telah me-launching I-Bridge dan KTA [kartu tanda anggota] online internal kami," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (19/11/2019).

Portal I-Bridge memungkinkan perusahaan dapat dengan mudah memperoleh informasi dan merekrut tenaga ahli konstruksi yang telah terdaftar di sana.

Harapannya, sertifikasi yang telah dilakukan pemerintah terhadap sumber daya manusia konstruksi dapat tersalurkan dengan lebih lancar.

Selain itu, Inkindo dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi data material Inkindo (DMI) yang akan memudahkan para anggota menemukan rantai pasok material.

Peter pun berharap agar keberadaan DMI, yang dikembangkan Inkindo Yogyakarta, sedikit banyak membantu pendataan rantai pasok material konstruksi yang juga terus dioptimalisasi pemerintah.

"DMI akan memudahkan teman-teman Inkindo menemukan rantai pasok [material]. Sekarang kan masih untuk memenuhi kebutuhan anggota [Inkindo] dulu. Ke depannya, semoga bisa semakin besar dan akhirnya dapat dimanfaatkan lebih banyak pihak," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

INKINDO konstruksi
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top