Ini Perkiraan Tarif Ruas Tol Terpanjang di Indonesia

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit menilai sebagai ruas tol baru, tarif tersebut masih lebih murah dibandingkan dengan ruas tol baru di Pulau Jawa.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 15 November 2019  |  20:09 WIB
Ini Perkiraan Tarif Ruas Tol Terpanjang di Indonesia
Presiden Joko Widodo saat meresmikan tol terpanjang di Indonesia. BISNIS - Aprianus Doni Tolok

Bisnis.com, BANDAR LAMPUNG - Tarif ruas tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang-Kayu Agung diperkirakan Rp900 per kilometer untuk golongan I atau kendaraan pribadi. Dengan panjang 189,2 kilometer maka biaya yang dikenakan kepada pengendara kendaraan golongan I diperkirakan mencapai Rp170.500.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menilai sebagai ruas tol baru, bahwa tarif tersebut masih lebih murah dibandingkan dengan ruas tol baru di Pulau Jawa.

"Untuk jarak 189 kilometer, dengan Rp900 per kilometernya, itu jauh lebih murah dibandingkan tol di Jawa, sebagai tol baru tentunya. Sebagai perbandingan, di Jabodetabek ada JORR II yang tarifnya Rp1.700 per kilometer," ujarnya di Lampung, Jumat (15/11/2019).

Kendati demikian, keputusan resmi terkait tarif masih menunggu instruksi Presiden Joko Widodo. Namun, Presiden mengatakan bahwa pada esok hari ruas tol ini sudah dapat digunakan secara gratis hingga 1 bulan, usai prosesi simbolis peresmian tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang-Kayu Agung.

Dengan penyelesaiaan Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang - Kayu Agung diharapkan akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatra Selatan dari Pelabuhan Bakauheni sebagai pintu masuk Pulau Sumatra ke wilayah timur Sumatra.

Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung merupakan lanjutan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 141 kilometer yang sudah beroperasi sejak Maret 2019.

Tol ini juga memiliki enam Simpang Susun (SS) yang terdiri atas SS Gunung Batin di KM 167, SS Menggala (KM 184), SS Lambu Kibang (KM 202), SS Way Kenanga (KM 218), SS Simpang Pematang (KM 239), dan SS Kayu Agung (KM 239).

Pemerintah menargetkan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung segera tersambung hingga Palembang pada akhir 2019.

Dengan tersambungnya ruas Tol Trans-Sumatra tersebut, waktu tempuh dari Bakauheni-Palembang sepanjang 365 Km akan lebih singkat menjadi 4-6 jam dari sebelumnya 10 jam-12 jam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, bpjt, hutama karya

Editor : Hendra Wibawa
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top