Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Jitu Belanja Untung di Pesta Diskon 11.11

Pesta diskon 11.11 atau Single's Day akan berlangsung sebentar lagi. Calon konsumen perlu memperharikan sejumlah trik agar tidak ketinggalan pesta diskon tersebut.
Pesta diskon/themall.co.uk
Pesta diskon/themall.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Pesta diskon 11.11 atau Single's Day akan berlangsung sebentar lagi. Calon konsumen perlu memperharikan sejumlah trik agar tidak ketinggalan pesta diskon tersebut.

Tanggal 11 November diperingati sebagai Single's Day, yakni sebuah perayaan bagi para lajang. Asal-usul perayaan Single's Day konon berawal dari sekelompok mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing China yang memulai tradisi perayaan hari jomblo pada tanggal 11 November di era 1990-an.

Perusahaan digital raksasa Alibaba menyulap Single's Day menjadi parade belanja online penuh diskon yang rutin digelar setiap tahun di beberapa negara salah satunya Malaysia, Singapura dan Indonesia.

Situs berhemat CupoNation merangkum beberapa tips yang penting untuk diperhatikan dalam menyambut pesta belanja online 11.11

1. Pantau situs-situs yang ikut berpartisipasi dalam 11.11

Sebelum gelaran pesta belanja online 11.11 berlangsung, ada baiknya untuk mencari tahu tentang ritel-ritel yang ikut berpartisipasi serta penawaran yang akan diberikan. Cek situs resmi marketplace favorit secara berkala, karena peritel memberikan diskon besar-besaran demi memeriahkan singles day dalam jadwal yang berbeda.

Hal ini juga akan memberikan gambaran tentang diskon, promo dan kategori produk yang masuk dalam daftar penawaran dari masing-masing toko online. Ini akan memudahkan kamu dalam menyeleksi toko online yang menawarkan promo sesuai dengan kebutuhan.

Pada gelaran Single's Day tahun lalu, toko online raksasa dengan jumlah kunjungan terbanyak seperti Bukalapak, Shopee, dan Lazada juga ikut berperan dalam memeriahkan perayaan singles day dengan memberikan deretan promo dan diskon yang menggiurkan salah satunya adalah promo harga serba Rp11.

2. Subscribe email

Setelah mengetahui daftar toko online yang ikut berpartisipasi pada pesta belanja 11.11, gunakan feature subscribe newsletter melalui email agar selalu mendapat kabar terupdate tentang promo dan diskon yang sedang berjalan.

Feature ini juga akan memudahkanmu dalam memantau jadwal promo dari kampanye 11.11 yang digelar oleh masing-masing toko online. Selain itu, kamu juga tidak akan ketinggalan promo dadakan yang digelar oleh toko online yang telah di subscribe.

3. Ikuti program flash sale

Flash sale merupakan sebuah program produk tertentu akan ditawarkan dengan harga yang supermurah, namun dengan jumlah terbatas. Ditambah lagi produk yang ditawarkan merupakan barang-barang yang sering menjadi incaran para pemburu diskon.

Ketepatan waktu merupakan salah satu kunci sukses dalam berburu produk flash sale saat pesta belanja 11.11. Oleh karena itu catat jadwal flash sale yang dirilis oleh toko online melalui situ resmi atau email newsletter. Agar lebih mudah, gunakan fitur notifikasi pengingat atau reminder agar kamu tetap siaga sebelum flash sale dimulai.

4. Gunakan situs pembanding harga

Jika produk yang diincar tidak masuk dalam daftar flash sale, maka cara lain untuk mendapatkan barang dengan harga termurah ialah dengan menggunakan situs pembanding harga. Setiap toko online cenderung menawarkan produk yang sama dengan harga yang berbeda.

Situs pembanding harga seperti Pricearea dan Priceza dapat menampilkan urutan harga barang dari yang termurah hingga termahal yang dijual pada situs-situs toko online di Indonesia. Ini akan membantumu untuk lebih cermat dalam memilih toko online yang menawarkan barang incaran dengan harga termurah.

5. Manfaatkan kode promo atau cashback

Setelah selesai berburu barang diskon dan menambahkannya ke dalam daftar check-out, masih ada cara lain untuk membantumu untuk semakin hemat saat pesta belanja online 11.11. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan kode promo atau cashback yang dapat digabungkan.

Gunakan situs berhemat untuk berburu kode promo yang dapat diaplikasikan pada saat check out, dimana kamu akan mendapatkan potongan langsung pada total belanja atau cashback setelah transaksi selesai.

Biasanya situs berhemat memberikan kode kupon dengan jangka waktu tertentu, oleh karena itu kode kupon harus diaplikasikan sebelum masa waktunya berakhir. Berikut adalah beberapa situs berhemat yang menyediakan kode kupon dan cashback diantaranya adalah CupoNation, Diskon Hunter, dan Shopback.

6. Simpan bukti pembayaran

Mengingat besarnya atensi masyarakat Indonesia terhadap pesta belanja online 11.11, maka tidak heran jika jumlah transaksi akan meningkat tajam dari hari-hari biasa. Selalu simpan salinan pemesanan dan bukti transaksi yang dilakukan sampai kamu menerima barang yang telah dipesan. Ini akan melindungimu dari hal-hal yang tidak diinginkan jika ada masalah dengan proses pemesanan.

Selamat berbelanja!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper