Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendagri Tito Karnavian Kawal Penyerapan APBD

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian menekankan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus tepat sasaran.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian menekankan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus tepat sasaran.

"Dana yang cukup besar ditransfer ke daerah, itu harus tepat sasaran, di antaranya harus menyinkronkan antara visi-misi presiden dengan kebutuhan khas masyarakat pembangunan lokal," kata Mendagri dikutip dari laman resmi Kemendagri, Rabu (30/10/2019).

Eks Kapolri ini menjelaskan bahwa program pemerintah pusat sejalan dengan pemerintah daerah. Oleh karena itu, pihaknya ingin memastikan setiap dana yang dikucurkan pemerintah diimplementasikan dalam program yang dapat berguna bagi masyarakat.

Salah satu indikatornya bisa dilihat dari banyaknya belanja modal yang digunakan. Meski belanja modal dimaksud perlu dipastikan apakah menyentuh masyarakat atau tidak.

"Kewenangan salah satu tugas dari Mendagri adalah untuk meyakinkan, memberi pembinaan agar program di daerah sinkron dengan Pemerintah Pusat. Kita juga sisir, jangan sampai hanya 'sent' berarti jangan hanya buat program, tapi harus 'delivered' dirasakan oleh masyarakat," jelasnya.

Tito menambahkan, untuk memastikan pelaksanaan penggunaan anggaran berlangsung optimal pihaknya akan melakukan evaluasi terkait dana yang digunakan pemerintah daerah, termasuk penyerapan anggarannya.

"Kita akan melakukan evaluasi akhir tahun ini, kita akan buat iklim yang kompetitif, yang bagus akan kita berikan penghargaan, yang kurang bagus akan disebutkan, kemudian setelah itu juga akan aktifkan APIP, inspektorat, untuk melihat dan menyisir program-program tepat sasaran," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Achmad Aris

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper