Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonom : Menkeu Baru Harus Independen dan Profesional

Menteri Keuangan baru yang akan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin diharapkan merupakan individu yang independen dan profesional.
Ditjen Pajak Kementerian Keuangan/Reuters-Iqro Rinaldi
Ditjen Pajak Kementerian Keuangan/Reuters-Iqro Rinaldi

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan baru yang akan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin diharapkan merupakan individu yang independen dan profesional.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Eksekutif INDEF Enny Sri Hartati saat ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut Enny, orang yang akan mengisi pos menteri di bidang ekonomi seperti Menteri Keuangan harus merupakan orang yang terbebas dari kepentingan apapun. Kepentingan-kepentingan terselubung (vested interest) yang bersifat individu atau politis tidak boleh mengganggu kinerjanya.

"Mereka harus orang-orang yang dapat mengeksekusi visi presiden, independen, dan berintegritas tinggi," kata Enny.

Selain itu, orang yang nantinya ditunjuk juga harus mengetahui sektor-sektor ekonomi mana saja yang dapat didorong untuk menggenjot perekonomian Indonesia. Hal ini kian penting mengingat kondisi perekonomian global yang goyah.

Setelah dapat mengidentifikasi sektor yang dapat diandalkan Indonesia, Enny juga berharap menteri tersebut benar-benar mengetahui seluk beluk sektor tersebut agar dapat merancang kebijakan yang optimal.

Menurutnya, Menteri Keuangan tidak hanya harus mengelola anggaran secara transparan. Hal lain yang harus diperhatikan adalah efektivitas anggaran yang baik.

"Dari Global Competitiveness Index, nilai transparansi anggaran kita memang naik. Tetapi, efektivitasnya belum menunjukkan perbaikan yang signifikan. Hal ini yang harus diperhatikan Menteri Keuangan selanjutnya," jelas Enny.

Sementara itu, Ekonom CORE Indonesia Yusuf Rendy Manilet mengatakan Menteri Keuangan yang baru juga perlu memiliki pengalaman di bidang birokrasi. Hal ini karena posisi ini tidak hanya akan menghadapi tantangan mengatur keuangan negara di tengah ketidakpastian global. 

"Menkeu juga posisi yang akan memimpin negosiasi politik anggaran di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Oleh karena itu, pengalaman di bidang ini (birokrasi) menjadi hal nilai plus tersendiri," jelas Yusuf. 

Selama masa Kabinet Kerja dibawah Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Indonesia memiliki dua Menteri Keuangan. Bambang P. S. Brodjonegoro menduduki pos ini dari 27 Oktober 2014 hingga 27 Juli 2016.

Saat terjadinya reshuffle kabinet jilid II, Bambang digeser pada pos Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas. Ia digantikan oleh eks Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani Indrawati yang menjabat hingga masa pemerintahan Jokowi-JK berakhir pada Oktober 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper