Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IBU KOTA BARU : Pelibatan Kontraktor Lokal Harus Pertimbangkan Kemampuannya

Keterlibatan korporasi lokal adalah sebuah keniscayaan.

Bisnis.com, JAKARTA — Seorang pengamat ekonom daerah menilai bahwa pembangunan infrastruktur calon ibu kota baru diharapkan melibatkan badan usaha lokal selain korporasi besar. Namun, keterlibatan badan usaha lokal pengerjaan proyek tertentu harus tetap mempertimbangkan kemampuan dari badan usaha lokal tersebut.

Pengamat ekonomi daerah yang juga Ekonom Universitas Katolik Soegijapranata Andreas Lako mengatakan bahwa penyiapan ibu kota baru pasti akan membawa efek berganda ke banyak sektor dan daerah di luar kawasan. Salah satu sektor yang bisa melibatkan badan usaha lokal adalah proyek pembangunan infrastruktur.

"Perlu diperhatikan juga kemampuan dari badan usaha lokal tersebut. Jangan sampai pekerjaan yang seharusnya bisa cepat diselesaikan, jadi terlambat karena ketidakmampuan badan usaha lokal yang mengerjakannya! Bagaimanapun pembangunan ibu kota baru itu harus sesuai dengan target dan berkualitas," ujarnya kepada Bisnis, Senin (14/10/2019).

Menurutnya, keterlibatan korporasi lokal adalah sebuah keniscayaan. Pasalnya, korporasi besar dari luar Kalimantan pasti memiliki rencana bermitra dengan korporasi lokal. Misalnya, kontraktor besar butuh pasok material bahan bangunan dari badan usaha lokal.

Dia pun berharap efek berganda di bidang perekonomian juga secara maksimal dimanfaatkan pemerintah. Tujuannya adalah agar target pemindahan ibu kota negara dengan salah satu visinya yakni pemerataan pembangunan dan ekonomi yang menyeluruh ke semua wilayah dapat tercapai sejak awal pembangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper