Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Ekspor, PaperOne Masih Jadi Andalan RAK

Kinerja ekspor RAK dalam lima tahun terakhir bertumbuh hingga 41%, di mana PaperOne menjadi salah satu penopangnya.
ilustrasi./JIBI
ilustrasi./JIBI

Bisnis.com, TANGERANG SELATAN - PT Riau Andalan Kertas (RAK), unit usaha di bawah Asia Pasific Resources International (APRIL), menyatakan produk kertas, PaperOne, masih menjadi salah satu andalannya dalam memacu ekspor.

Sihol Aritonang, Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) yang mewakili APRIL Group, mengatakan kinerja ekspor RAK dalam lima tahun terakhir bertumbuh hingga 41%. Adapun PaperOne menjadi salah satu penopangnya. Pada 2018, total nilai ekspor produk RAK mencapai US$312,8 juta.

"Prestasi tersebut tak lepas dari pemasaran produk flagship PaperOne ke 70 negara," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (16/10/2019).

Untuk terus mendongkrak pasar ekspor PaperOne, kata Sihol, APRIL Group telah memiliki kantor penjualan dan kantor penghubung pemasaran di berbagai negara, termasuk Singapura, Malaysia, China, Makau, Timur Tengah, Australia, dan Selandia Baru.

Menurutnya, produk yang sejak 1998 itu telah berkembang menjadi produk kertas pilihan dan salah satu pemimpin merek kertas di Asia.

PaperOne menghasilkan kertas berkualitas premium yang terbuat dari 100% serat terbarukan Hutan Tanam Industri (HTI).

"Produk PaperOne bersertifikat PEFC, yang membuktikan bahwa bahan bakunya berasal dari sumber yang legal, dapat dilacak, dan ramah terhadap lingkungan."

Atas kinerja ekspor tersenut, RAK kembali menerima Primaniyarta Award pada 2019. Ini merupakan penghargaan tertinggi di bidang ekspor dari Pemerintah Indonesia untuk kategori Eksportir Berkinerja dan Berprestasi.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Dirut RAPP Sihol Aritonang saat pembukaan Trade Expo Indonesia 2019, di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang Selatan, Rabu (16/10/2019).

Tahun lalu, lewat produk PaperOne, APRIL Group juga meraih Penghargaan Primaniyarta sebagai salah satu perusahaan dengan merek terbaik yang mampu berkompetisi di pasar global atau kategori Global Brand.

Adapun, APRIL Group sendiri dikenal sebagai salah satu produsen pulp dan kertas global. Beroperasi di Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau, pabrik APRIL memiliki kapasitas terpasang 1,03 juta ton kertas per tahun berdasarkan laporan sustainability pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper