Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BI : Penjualan Eceran Tumbuh Melambat pada Agustus

Melalui survei yang diterima Bisnis.com, Rabu (9/10/2019), hasil ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Agustus 2019 yang tumbuh 1,1% (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan IPR Juli 2019 sebesar 2,4% (yoy).
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 09 Oktober 2019  |  11:08 WIB
Pedahang tengah melayani pembeli. - Antara
Pedahang tengah melayani pembeli. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Bank Indonesia merilis survei penjualan eceran pada Agustus 2019 tumbuh melambat hingga berimbas pada penurunan penjualan pada kuartal III/2019.

Melalui survei yang diterima Bisnis.com, Rabu (9/10/2019), hasil ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Agustus 2019 yang tumbuh 1,1% (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan IPR Juli 2019 sebesar 2,4% (yoy).

Kinerja penjualan eceran tersebut ditopang oleh kelompok Suku Cadang dan Aksesori yang tumbuh tinggi, serta kelompok komoditas Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya yang tumbuh meningkat, antara lain barang elektronik selain audio atau video dan perabot rumah tangga.

Survei ini menyimpulkan penjualan eceran pada kuartal III/2019 tumbuh melambat sebesar 1,8% (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan kuartal II/2019 sebesar 4,2% (yoy), dan pada kuartal III/2018 tercatat 4,6% (yoy). Adapun kelompok yang paling terkontraksi adalah sandang yang tercatat 1,0% (yoy), setelah sebelumnya tercatat tumbuh 27,5% (yoy) pada kuartal II/2019 akibat tingginya permintaan selama Lebaran.

Selain sandang, penurunan penjualan juga terjadi pada kelompok bahan bakar kendaraan bermotor kontraksi -6,6% (yoy), dan kelompok barang budaya dan rekreasi alami kontraksi -6,8% (yoy). Kontraksi ini masing-masing tercatat lebih dalam dari kuartal sebelumnya yaitu -3,4% (yoy) dan -1,4% (yoy).

Meski demikian, penjualan eceran diprakirakan tumbuh meningkat pada September 2019. Hal itu terindikasi dari IPR September 2019 yang diprakirakan tumbuh sebesar 2,1% (yoy).

Peningkatan tersebut terutama bersumber dari meningkatnya pertumbuhan penjualan kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya dan kelompok Makanan, Minuman & Tembakau, serta tetap tingginya pertumbuhan penjualan kelompok Suku Cadang dan Aksesori.

Hasil survei ini juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga pada tingkat pedagang eceran dalam 6 bulan mendatang sampai Februari 2019 diprakirakan akan menurun.

Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 6 bulan yang akan datang sebesar 168,2, lebih rendah dibandingkan dengan IEH pada bulan sebelumnya sebesar 174,7.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penjualan eceran
Editor : Achmad Aris
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top