Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekspor Karet Tahun Ini Diprediksi Turun

Penurunan kinerja ekspor karet dan barang dari karet diperkirakan masih akan berlanjut hingga akhir tahun ini lantaran adanya problem di sektor hulu.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 02 Oktober 2019  |  10:16 WIB
Warga menyadap getah karet - ANTARA
Warga menyadap getah karet - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA – Penurunan kinerja ekspor karet dan barang dari karet diperkirakan masih akan berlanjut hingga akhir tahun ini lantaran adanya problem di sektor hulu.

Badan Pusat Statistik melaporkan bahwa pada Januari - Agustus 2019 nilai ekspor karet dan barang dari karet mencapai US$4,13 miliar. Realisasi itu menurun sekitar 6,25% sebab pada periode yang sama tahun lalu nilai ekspornya mencapai US$4,40 miliar.

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Abdul Rochim mengatakan saat ini kendala yang mengadang hulu industri karet adalah adanya penyakit yang menyerang tanaman karet di perkebunan. Kondisi itu, jelasnya, menyebabkan produktivitas perkebunan karet menyusut.

"Sudah produksinya turun, harganya juga tidak bisa meningkat tinggi," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (1/10/2019).

Rochim, yang juga menjabat sebagai Plt. Dirjen Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil, mengatakan problem itu masih akan mengganggu kinerja ekspor karet dan barang dari karet pada kuartal IV/2019.

Oleh karena itu, dia memperkirakan tidak akan ada perubahan signifikan terkait kinerja ekspor sektor tersebut pada triwulan terakhir tahun ini.

"Kalau karet memang masih flat [pada kuartal IV/2019], karena masalah tadi," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor karet
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top