Tol Serbaraja Ditargetkan Rampung pada 2024

Tol Serpong-Balaraja menjadi jalan pintas bagi konektivitas Serpong menuju Jakarta dan Merak.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 20 September 2019  |  15:28 WIB
Tol Serbaraja Ditargetkan Rampung pada 2024
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau proyek jalan tolSerpongBalaraja (Serbaraja) di STA 0, Sampora, Cisauk, Kabupaten Tangerang, Jumat (20/9/2019). - Bisnis/Rivki Maulana

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melansir proyek jalan tol Serpong–Balaraja (Serbaraja)  bakal rampung pada 2024.

Jalan tol sepanjang 38 kilometer (km) ini dinilai menjadi jalan pintas bagi konektivitas Serpong menuju Jakarta dan Merak. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan jalan tol Serbaraja digarap oleh PT Trans Bumi Serbaraja dan pendanaan proyek yang menjadi prakarsa badan usaha itu sepenuhnya berasal dari kocek swasta.

"Dengan adanya jalan tol ini, konektivitas menjadi lebih cepat. Bukan hanya ke Jakarta, tapi juga ke Lampung karena terhubung dengan Balaraja [akses tol Tangerang–Merak]," jelasnya saat meninjau proyek tol Serbaraja di Tangerang, Jumat (20/9/2019).

Basuki menambahkan jalan tol Serbaraja terdiri atas tiga seksi, yakni seksi I (BSD–Legok) sejauh 11,3 km, seksi II (Legok–Tigaraksa Selatan) 10,7 km, dan seksi III (Tigaraksa Selatan–Balaraja) 17,8 km.

STA 0 proyek jalan tol Serpong–Balaraja, Kabupaten Tangerang, Jumat (20/9/2019). Titik awal jalan tol ini berada di kawasan yang sudah berkembang, diapit perkantoran dan apartemen./Bisnis-Rivki Maulana

Menurutnya, pembangunan seksi I ditargetkan rampung pada 2021. Secara keseluruhan, proyek ini bakal rampung pada 2024.

Saat ini, konstruksi di seksi I sudah dimulai karena kebutuhan lahan sudah terpenuhi. Sebagian besar lahan yang digunakan merupakan milik PT Bumi Serpong Damai Tbk., induk usaha Trans Bumi Serbaraja.

Selain konektivitas, jalan tol Serbaraja juga dinilai bakal mempercepat pengembangan wilayah di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengungkapkan jalan tol Serbaraja tak terpaut jauh dari kota baru Maja.

Dia melanjutkan ada beberapa simpang susun yang bisa menjadi akses baru menuju Maja di Kabupaten Lebak. Di samping itu, jalan tol Serbaraja juga menambah akses baru bagi beberapa wilayah baru di Kabupaten Tangerang.

"Jalan tol sangat membantu penyebaran daerah-daerah urban baru dan ini akan terus bertumbuh. Daerah kami kan salah satu daerah urban dengan laju urbanisasi paling tinggi di Indonesia," ucap Ahmed.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol, Kementerian PUPR

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top