Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Konstruksi Tol Kunciran—Serpong Hampir Selesai, Kapan Dioperasikan?

Karena mengalami beberapa kendala, jalan tol itu harus mengalami amendemen perjanjian pengusahaan jalan tol.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 16 September 2019  |  10:14 WIB
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong jaringan dari tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (19/9/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan jalan tol Kunciran-Serpong jaringan dari tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (19/9/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Progres konstruksi jalan tol Kunciran—Serpong telah mencapai 97,02 persen hingga awal bulan ini. Sisa pekerjaan ruas tol ini adalah pengerjaan dua jembatan yakni Jembatan Bhayangkara Lama dan Jembatan Dua Bintaro.

Presiden Direktur PT Marga Trans Nusantara Truly Nawangsasi mengatakan bahwa pengerjaan jalan tol yang menjadi bagian dari Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) terbagi dalam dua paket. Paket satu yakni ruas Kunciran sampai Parigi telah selesai 95,39 persen dan paket 2 atau ruas Parigi hingga Serpong telah rampung sepenuhnya.

"Tiga persen sisa pekerjaan keseluruhan merupakan penyelesaian pekerjaan Jembatan Bhayangkara lama dan Jembatan Dua Bintaro yang ditargetkan rampung sebelum akhir September 2019. Jadi, target pengoperasian pada November 2019 dapat tercapai," kata Truly dalam layanan pesan singkat kepada Bisnis, Jumat (13/9/2019).

Jalan tol Kunciran—Serpong yang akan menghubungkan Bandara Soekarno-Hatta hingga Cibitung dikelola oleh salah satu anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. itu direncanakan rampung pada akhir tahun ini.

Namun, karena mengalami beberapa kendala seperti pengunduran pengembalian dana talangan tol sepanjang 11,14 kilometer ini, perjanjian pengusahaan jalan tol harus diamendemen, selain ruas tol lain dari JORR 2 yakni Semanan—Sunter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol tol kunciran-serpong
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top