Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terdampak Perang Dagang, Ekspor Indonesia ke China Diprediksi Turun

Ekspor Indonesia terhadap China diperkirakan menurun jika pertumbuhan ekonomi Negeri Panda menurun akibat perang dagang dengan Amerika Serikat.
Suasana di Pelabuhan Lianyungang, Provinsi Jiangsu, China, 8 September 2018./REUTERS-Stringer
Suasana di Pelabuhan Lianyungang, Provinsi Jiangsu, China, 8 September 2018./REUTERS-Stringer

Bisnis.com, JAKARTA — Ekspor Indonesia terhadap China diperkirakan menurun jika pertumbuhan ekonomi Negeri Panda menurun akibat perang dagang dengan Amerika Serikat.

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Erwin Aksa menuturkan hal ini dikarenakan sebagian besar ekspor Indonesia ke China merupakan produk komoditas seperti batu bara, sawit, mineral.

“Jadi kalau China terganggu produksinya, kita juga terganggu ekspornya,” kata Erwin di sela-sela Munas Hipmi 2019, Senin (16/9/2019).

Dalam hal ini, dia mengatakan, bukan hanya Indonesia yang akan terkena dampak melainkan juga negara-negara lain di dunia.

“Kalau China turun, maka semua negara di dunia turun, karena China gak hanya pengaruhi Indonesia tapi juga seluruh dunia, afrika, asean, dan negara lain. China kan butuh bahan baku yang banyak dari negara-negara tersebut.”

Sementara itu, dalam pembukaan musyawarah nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia yang ke-XVI,  Presiden Joko Widodo memperingatkan dunia usaha mengenai potensi resesi ekonomi yang dapat terjadi pada 1 hingga 1,5 tahun yang akan datang dikarenakan masih adanya tekanan eksternal berupa perang dagang AS dan China yang masih terus berjalan.

“Perang dagang masih terus berjalan, masih menghantui kita. Tekanan-tekanan eksternal baik berupa kemungkinan potensi resesi pada 1 atau 1,5 tahun yang akan datang sudah mulai dikalkulasi, mulai dihitung-hitung oleh para pakar,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa situasi ekonomi dunia saat ini penuh ketidakpastian dan beberapa negara bahkan sudah masuk dalam proses resesi ekonomi.

“Oleh sebab itu kita harus mempersiapkan diri agar tidak terkena dampak dan bahkan dengan situasi seperti itu kalau bisa kita mampu memanfaatkan peluang-peluang yang ada, sehingga menguntungkan negara kita.”

Sebagai informasi, mengutip laman Reuters, Perdana Menteri China Li Keqiang mengakui sulit bagi negaranya untuk membukukan pertumbuhan ekonomi di level 6 persen di tengah kondisi internasional saat ini.

Selain itu, ekonomi China sudah tumbuh tinggi pada tahun-tahun sebelumnya sehingga tak mudah untuk mencatatkan kinerja yang sama.

Li menerangkan negara dengan ekonomi terbesar kedua dunia itu menghadapi tekanan tertentu sejalan dengan melambatnya perekonomian global. Dia juga menyampaikan meningkatnya paham proteksionisme dan unilateralisme turut menjadi faktor lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper