RI Galang Dukungan Arab Saudi demi Pencalonan di IMO

Indonesia terus menggalang dukungan dari negara lain agar kembali terpilih menjadi anggota Dewan IMO periode 2020-2021.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 09 September 2019  |  01:34 WIB
Bisnis.com, JAKARTA -- Indonesia terus menggalang dukungan dari negara lain agar kembali terpilih menjadi anggota Dewan IMO periode 2020-2021.
 
“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah mengunjungi kantor-kantor perwakilan negara-negara anggota IMO yang ada di Jakarta untuk melakukan pendekatan langsung guna menggalang dukungan," kata Dirjen Perhubungan Laut Agus H. Purnomo dalam siaran pers, Minggu (8/9/2019).
 
Sebagai contoh, Jumat (6/9/2019) pekan lalu, Kemenhub melakukan kunjungan resmi ke Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.
 
Diterima langsung oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia H.E. Esam A. Abis Althagafi, Agus membawa serta rombongan delegasi yang terdiri atas Kepala Pusat Fasilitasi Kemitraan dan Kerjasama Internasional (PFKKI) Kementerian Perhubungan, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, serta perwakilan dari Bagian Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri Ditjen Perhubungan Laut. 
 
Adapun selama ini Indonesia dan Arab Saudi telah menjalin hubungan kerja sama yang baik, bahkan pernah sepakat untuk saling mendukung pada pemilihan sebagai anggota Dewan IMO kategori C pada 2015 dan 2017.
 
“Mengingat kesepakatan yang telah kami jalin dengan baik sebelumnya, kami harapkan pada tahun ini Indonesia dan Arab Saudi juga dapat kembali sepakat untuk saling mendukung dalam pemilihan sebagai anggota Dewan IMO kategori C,” ujar Agus.
 
Selain saling dukung pada pemilihan sebagai anggota Dewan IMO Kategori C, Indonesia juga telah menjalin kerja sama lain dengan Pemerintah Saudi Arabia.
 
Pada Maret 2017, Pemimpin tertinggi Arab Saudi Raja Salman Bin Abdulaziz telah berkunjung ke Indonesia dan menandatangani 11 perjanjian kerja sama antara kedua negara.
 
Salah satu perjanjian ditandatangani oleh Menteri Perhubungan, yakni menyangkut Otoritas Aeronautik Republik Indonesia dan Otoritas Arab Saudi.
 
Ada juga kerja sama kelautan dan perikanan yang ditandatangani Menteri Kelautan dan Perikanan. 
 
Selanjutnya, pada Oktober  2018, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubair berkunjung ke Indonesia untuk meninjau kemitraan antara kedua negara sejak kunjungan Raja Salman.
 
“Oleh karena itu, kami berharap kerjasama yang baik ini dapat semakin erat dengan saling dukung pada pemilihan anggota Dewan IMO periode 2020-2021 mendatang,” kata Agus.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
imo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top