Hore, Pelabuhan Belawan Punya Aplikasi Sandar Kapal Sipariban

Sipariban merupakan aplikasi berbasis website yang memudahkan para pengguna jasa dan stakeholder untuk mengakses aplikasi penyandaran kapal.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 06 September 2019  |  19:10 WIB
Hore, Pelabuhan Belawan Punya Aplikasi Sandar Kapal Sipariban
Perahu nelayan tradisional melintas di sekitar Belawan International Container Terminal (BICT), Sumatra Utara, Kamis (26/3/2015). - Antara/Irsan Mulyadi

Bisnis.com, JAKARTA -- Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan meluncurkan aplikasi Sistem Penyandaran Kapal di Pelabuhan Belawan (Sipariban) 1.0. 

Sipariban merupakan aplikasi berbasis website yang memudahkan para pengguna jasa dan stakeholder untuk mengakses aplikasi penyandaran kapal.

Dengan bantuan komputer dan akses jaringan, para pengguna jasa dapat menerima data penyandaran kapal tanpa harus mengeluarkan biaya untuk datang ke Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan.

Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Jece Julita Piris mengatakan bahwa aplikasi Sipariban merupakan bukti nyata dukungan dari Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan dalam mendukung program Kementerian Perhubungan yang sedang menggalakkan sistem digitalisasi pelayanan untuk kemudahan dan optimalisasi pelayanan kepada masyarakat. 

“Digitalisasi pelayanan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan merupakan wujud dari industri 4.0, khususnya pada bidang perhubungan yang mengharuskan pelayanan cepat, tepat dan terintegrasi dengan baik,” katanya dalam siaran pers, Jumat (6/9/2019).

Aplikasi Sipariban menyuguhkan informasi pelayanan kapal di Pelabuhan Belawan, seperti daftar kapal yang bersandar dan menunggu untuk sandar, data dermaga yang siap untuk sandar, serta waktu tunggu kapal dan waktu estimasi sandar kapal di dermaga Pelabuhan Belawan.

“Informasi-informasi tersebut dapat dilihat secara real time oleh masyarakat dan stakeholder di Pelabuhan Belawan sebagai bentuk keterbukaan publik atas informasi oleh Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan,” kata Jece.

Ke depan, lanjutnya, aplikasi Sipariban diharapkan dapat menjadi proyek perubahan untuk integrasi seluruh aplikasi yang dimiliki oleh stakeholder pelayanan kapal dan barang di Pelabuhan Belawan.

“Seluruh stakeholder di Pelabuhan Belawan telah menyepakati dan juga menetapkan standard operasional prosedur (SOP) pelayanan kapal dan barang di Pelabuhan Belawan sehingga para pengguna jasa kapal dan barang di Pelabuhan Belawan telah memiliki pedoman standar,” kata Jece.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Sugeng Wibowo mengatakan Sipariban bertujuan meningkatkan efektivitas, efisiensi dan akuntabilitas penyandaran kapal di Pelabuhan Belawan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kemenhub, pelabuhan belawan

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top