Indeks Keyakinan Konsumen Menurun Tipis

Survei Konsumen Bank Indonesia pada Agustus 2019 menyatakan Indeks Keyakinan Konsumen menurun tipis dari bulan sebelumnya akibat menurun optimisme konsumen terkait ekonomi 6 bulan ke depan.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 05 September 2019  |  11:28 WIB
Indeks Keyakinan Konsumen Menurun Tipis
Perkembangan indeks keyakinan konsumen dan indeks kondisi ekonomi Indonesia. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA --Survei Konsumen Bank Indonesia pada Agustus 2019 menyatakan Indeks Keyakinan Konsumen menurun tipis dari bulan sebelumnya akibat menurun optimisme konsumen terkait ekonomi 6 bulan ke depan.

Dalam hasil survei tersebut, Bank Indonesia mengindikasikan optimisme konsumen tetap terjaga. Kondisi ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2019 yang tetap berada dalam zona optimis (di atas 100) yaitu sebesar 123,1.

"Mskipun sedikit lebih rendah dibandingkan IKK pada bulan sebelumnya sebesar 124,8," tulis BI dalam laporannya, dikutip Kamis (5/9/2019).

BI menilai dengan masih terjaganya optimisme konsumen terutama ditopang oleh persepsi konsumen yang masih tetap positif terhadap kondisi ekonomi saat ini. 

Persepsi konsumen tersebut didukung oleh keyakinan terhadap ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama (durable goods) yang membaik. 

Di samping itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan juga masih berada pada level optimis, meskipun tidak sekuat bulan sebelumnya terutama pada perkiraan terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan mendatang.

Hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (Februari 2020) diprakirakan menurun. 

Hal ini terindikasi dari penurunan Indeks Ekspektasi Harga 6 bulan yang akan datang dari 174,9 pada bulan sebelumnya menjadi 170,0.

Penurunan tersebut didukung oleh ketersediaan pasokan barang yang memadai dan kelancaran kegiatan logistik distribusi barang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
indeks keyakinan konsumen

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top