Atap Terintegrasi Panel Surya Diklaim Hemat Listrik Hingga 30%

pemanfaatan energi surya atau solar cell ini disebut-sebut dapat menghemat biaya listrik hingga mencapai 30%.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 04 September 2019  |  10:19 WIB
Atap Terintegrasi Panel Surya Diklaim Hemat Listrik Hingga 30%
Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemanfaatan energi listrik tenaga surya menjadi salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk menyuplai kebutuhan listrik yang lebih ramah lingkungan dan hemat energi.

Bahkan, pemanfaatan energi surya atau solar cell ini disebut-sebut dapat menghemat biaya listrik hingga mencapai 30%. 

Tak heran bila semakin banyak bangunan komersial (high rise building) dan dunia industri yang memanfaatkan energi surya ini dengan menggunakan atap solar, kaca solar, maupun solar pedestrian.

Apalagi, dengan adanya Peraturan Menteri ESDM 49 tahun 2018, pemilik gedung dapat memanfaatkan PV Surya sebagai sumber utama listrik tanpa baterai dalam sistem ekspor-impor ke PLN dengan berbagai aplikasi seperti PV Glass Window, Solar Rooftop atau PV Road.

Melihat potensi tersebut, PT Utomodeck Metal Works, salah satu produsen atap bangunan di Indonesia, melakukan inovasi bisnis dengan menyediakan panel surya atau solar PV.

"Seiring tingginya permintaan PLTS, kami bertransformasi menjadi perusahaan atap terintegrasi yang tidak hanya menyediakan atap tetapi juga menyediakan panel surya yang dapat dipasang di atas bangunan sebagai PLTS Rooftop.Diperkirakan pemanfaatannya bisa menghemat biaya listrik sekitar 15% hingga 30%,” ujar Direktur Pengelolaan dan Pengembangan PT Utomodeck Metal Works, Anthony Utomo, Selasa (3/9/2019).

Dalam memasarkan produknya, Utomodeck menggunakan sistem sewa untuk penggunaan hingga 30 tahun, khususnya untuk segmen komersial dan industri.Sementara untuk residensial menggunakan sistem jual beli.

Saat ini, pihaknya telah menjalin kerja sama sewa panel surya untuk menghasilkan listrik sebesar 660 kwp (kilo watt peak) yang tersebar di 11 lokasi. Adapun biaya sewa alat menurutnya sangat tergantung dengan lokasi user.

Untuk biaya pemasangan panel surya di Utomodeck sekitar Rp15.000 per WP. Dengan perbandingan, 1 KWP sama dengan 10 meter persegi, dan untuk menghasilkan 1 megawatt listrik dibutuhkan 1 hektare.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
solar cell

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top