Jadi Tuan Rumah Pertemuan ACI, Brand Angkasa Pura I Bakal Melejit

Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura (AP) I Handy Heryudhitiawan mengatakan bahwa perseroan harus mendapatkan kesan baik dari Airport Council International, organisasi operator bandara dunia.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 03 September 2019  |  09:14 WIB
Jadi Tuan Rumah Pertemuan ACI, Brand Angkasa Pura I Bakal Melejit
Petugas memeriksa tiket penumpang di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Rabu (29/11). - ANTARA/Wira Suryantala

Bisnis.com, JAKARTA--PT Angkasa Pura I (Persero) akan memanfaatkan ACI Customer Experience Global Summit 2019 untuk meningkatkan citra perusahaan di mata para operator bandara sedunia.

Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura (AP) I Handy Heryudhitiawan mengatakan bahwa perseroan harus mendapatkan kesan baik dari Airport Council International (ACI), organisasi operator bandara. Terlebih, AP I menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan pada tahun ini.

"Kami sedang meningkatkan brand. Dari acara ini, brand AP I dapat dilihat dan dinilai oleh calon mitra-mitra kami," kata Handy, Selasa (3/9/2019).

Dia menambahkan sejak bekerja sama dengan Incheon Internasional Airport Corporation (IIAC) dan GVK India (untuk Strategic Business Unit di Bali), perseroan menempatkan diri sejajar dengan level pengelola bandara kelas internasional. Melalui agenda tersebut, pihaknya akan menjadi pusat perhatian dunia penerbangan khususnya operator bandara. 

Di sisi lain, lanjutnya, 10 bandara yang dikelola AP I berhasil memperoleh akreditasi Airport Customer Experience Accreditation Program dari ACI.

Kesepuluh bandara tersebut adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Lombok Praya, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Pattimura Ambon, dan Bandara El Tari Kupang. 

Handy mengatakan pihaknya menyampaikan rasa syukur atas prestasi memperoleh award atas kerja keras dengan berhasilnya Bandara SAMS Balikpapan sebagai bandara terbaik. "Dan tentunya juga atas pengakuan 10 bandara AP I memperoleh akreditasi atas layanan oleh ACI. Hal ini menjadi cambuk buat pengelola bandara tanah air untuk selalu memberikan terbaik."

Airport Customer Experience Accreditation adalah program akreditasi multilevel yang digunakan untuk mengukur maturity atau kedewasaan bandara dalam hal manajemen customer experience dan kualitas layanan. Selain itu, merupakan program di dalam Airport Service Quality (ASQ).

Dia menjelaskan tujuan akreditasi tersebut adalah memberikan suatu alat pemasaran untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan pentingnya peran stakeholder dalam meningkatkan layanan kepada penumpang. Selain itu, membangun sebuah proses audit untuk menciptakan framework umum untuk management customer experience.

Program akreditasi dinilai sangat penting guna meningkatkan pengalaman perjalanan penumpang di bandara. Terlebih, bandara berhubungan dengan beragam organisasi dan stakeholder dengan standar obyektif yang berbeda, sehingga penting untuk memiliki pemahaman yang sama melalui akreditasi. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
angkasa pura i

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top