Presiden Jokowi Beri Perintah Soal Sampah dan Limbah Impor

Presiden Joko Widodo berkomitmen mengambil tindakan tegas untuk mengatasi peningkatan impor sampah dan limbah ke Indonesia.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 27 Agustus 2019  |  15:35 WIB
Presiden Jokowi Beri Perintah Soal Sampah dan Limbah Impor
Presiden Joko Widodo - Antara

Bisnis.com, BOGOR--Presiden Joko Widodo berkomitmen mengambil tindakan tegas untuk mengatasi peningkatan impor sampah dan limbah ke Indonesia.

Dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi menjelaskan adanya temuan terkait impor sampah dan limbah dari negara maju ke negara berkembang, termasuk Indonesia.

"Jadi bukan hanya di Indonesia saja .

Peningkatan impor sampah dan limbah ini harus betul-betul disikapi dengan hati-hati," katanya, Selasa (27/8/2019).

Berdasarkan temuan tersebut, dia menginstruksikan sejumlah hal kepada kementerian/lembaga terkait yakni memaksimalkan potensi sampah dan limbah di Indonesia, memperbaiki regulasi tata kelola impor sampah dan limbah, dan penegakan aturan.

"Saya rasa ini koordinasi di antara menteri-menteri terkait sangat diperlukan. Sehingga jangan sampai terjadi perbedaan pandangan yang menghambat penanganan impor sampah dan limbah," ujarnya.

Adapun sejumlah menteri yang terlihat hadir antara lain Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri KLHK Siti Nurbaya, dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, sampah

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top