Prioritas 5 Tahun ke Depan, Pemerintah Dorong Investasi SDM

Salah satu prioritas pemerintah adalah mendorong investasi sumber daya manusia untuk menstimulus industri.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 14 Agustus 2019  |  13:35 WIB
Prioritas 5 Tahun ke Depan, Pemerintah Dorong Investasi SDM
Presiden Joko Widodo (kiri) menyampaikan arahan saat Sidang Kabinet Paripurna tentang ketersediaan anggaran dan pagu indikatif 2020 di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/4/2019). Presiden menekankan untuk meningkatkan belanja modal dan mengurangi belanja barang, meminta kementerian memprioritaskan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan serta menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan./ANTARA FOTO - Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA -- Salah satu prioritas pemerintah adalah mendorong investasi sumber daya manusia untuk menstimulus industri.

R. Edi Prio Pambudi, Staf Ahli Bidang Bidang Hubungan Ekonomi dan Kemaritiman Kemenko Bidang Perekonomian, menyatakan ada lima pilar untuk mentransformasi Indonesia 2024.

Kelima pilar itu adalah pengembangan infrastruktur, pendistribusian kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menurunkan ketergantungan pada aliran modal asing, mengembangkan sumber daya manusia dan efisiensi pasar, serta investasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Dari itu kita punya misi melindungi industri domestik lambat laun kita dihadapkan pada kompetisi harusnya beberapa industri ini harus mengalami penyesuaian," jelasnya, beberapa waktu lalu.

Edi menjelaskan, investasi tidak masuk maka akan sulit mengejar tren industri yang berjalan, maka fokus pemerintah melihat kalau memang perlu membuka keran investasi lebih banyak untuk memperkuat industri domestik.

"Maka untuk 5 tahun ke depan ada lima pilar paling tidak bangun sinergi yang lebih bisa melakukan harmoni sehingga bisa mencapai tahap yang sama," pungkas Edi.

Salah satu kunci pengembangan SDM adalah menggunakan Key Performance Indikator (KPI).

Hampir semua institusi menggunakan KPI ini agar tidak sulit merumuskan kembali kebutuhan peningkatan daya saing SDM.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sdm

Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top