Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPS : Optimisme Pelaku Bisnis Bakal Terjaga

Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi Indeks Tendensi Bisnis (ITB) kuartal III/2019 masih akan mengalami optimisme meski tak ada kenaikan.
Indeks kepercayaan bisnis meningkat pada kuartal 2-2017/Infografik BPS
Indeks kepercayaan bisnis meningkat pada kuartal 2-2017/Infografik BPS

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi Indeks Tendensi Bisnis (ITB) kuartal III/2019 masih akan mengalami optimisme meski tak ada kenaikan.

Kepala Badan Pusat Statistik Suharyanto menyatakan, nilai perkiraan ITB pada kuartal III/2019 adalah 105,46.

Nantinya perbaikan kondisi bisnis ini diperkirakan karena peningkatan order dalam negeri dengan nilai indeks sebesar 115,68. Disusul order dari luar negeri dengan nilai indeks 101,10. Lalu harga jual produk dengan nilai indeks 104,08.

Sementara itu, order barang input juga cenderung akan stagnan pada nilai indeks sebesar 100,82.

Suharyanto merincikan, kategori lapangan usaha dengan perkiraan peningkatan kondisi bisnis dan optimisme tertinggi terjadi pada kategori Jasa Kesehatan dan Sosial. Adapun nilai ITB terprediksi sekitar 120,69.

Kondisi bisnis kategori Transportasi dan Pergudangan cenderung stagnan dengan nilai ITB sebesar 100,77.

Sementara itu, untuk penurunan kondisi bisnis diperkirakan masih terjadi pada kategori usaha Pertambangan dan Penggalian dengan nilai ITB sebesar 96,81.

Terkait dengan komponen pembentuk ITB mendatang peningkatan tertinggi untuk komponen order dari dalam negeri diperkirakan terjadi pada kategori lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial Wajib bernilai indeks 138,46.

Peningkatan harga jual produk tertinggi diperkirakan terjadi pada kategori lapangan usaha Konstruksi bernilai indeks 113,64.

Peningkatan order barang input tertinggi diperkirakan terjadi pada kategori lapangan usaha Pengadaan Listrik dan Gas dengan nilai indeks sebesar 106,56.

Sementara itu untuk komponen order luar negeri peningkatan tertinggi diperkirakam terjadi pada kategori lapangan usaha Perdagangan Besar dan Eceran, Reparasi dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor. Adapun nilai indeks usaha itu diperkirakan 106,29.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper