Destinasi 10 Bali Baru, Kemenhub Bangun 2 Bus Air untuk Danau Toba

Kementerian Perhubungan membangun dua sarana transportasi Bus Air guna mendukung Danau Toba menjadi destinasi wisata unggulan 10 Bali Baru. 
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 31 Juli 2019  |  07:53 WIB
Destinasi 10 Bali Baru, Kemenhub Bangun 2 Bus Air untuk Danau Toba
Dermaga Parapat Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. - Antara/Andika Wahyu

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan membangun dua sarana transportasi Bus Air guna mendukung Danau Toba menjadi destinasi wisata unggulan 10 Bali Baru. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan akan membangun sarana bus air untuk mendukung pariwisata di Danau Toba, Sumatra Utara.

Saat ini, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat tengah membangun lima unit kapal besar untuk dioperasikan melayani angkutan penyeberangan di kawasan Danau Toba. 

Dari lima kapal tersebut, dua di antaranya adalah Bus Air, yang akan digunakan menjadi kapal wisata. Bus Air ini merupakan wujud dukungan Kemenhub mendukung sektor pariwisata di Danau Toba. 

"Kami bangun sarana dua Bus Air untuk mendukung pariwisata Danau Toba," katanya dalam siaran pers, Senin (29/7/2019).

 Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan Bus Air yang sedang dibangun akan berkapasitas 50 orang penumpang, untuk mobil 3 unit dan motor 36 unit. Rencananya, proyek pembangunan Bus Air akan rampung pada 2020. 

"Kami persiapkan Bus Air ini jadi multi fungsi. Selain untuk mengangkut penumpang, masyarakat atau wisatawan nantinya bisa sambil makan malam di kapal ini," ungkapnya. 

Investasi yang dikeluarkan untuk membangun kapal Bus Air yaitu masing-masing kapal menelan dana sebesar Rp11 miliar, sehingga totalnya sebesar Rp22 miliar yang berasal dari APBN. 

"Bus Air ini ide dari Pak Menhub untuk mendukung pariwisata Danau Toba," imbuhnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
danau toba

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top