Rini Soemarno Minta Tambang Freeport Sejahterakan Masyarakat Sekitar

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengharapkan keberadaan tambang Freeport harus bisa meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat-masyarakat di Papua Barat, khususnya wilayah Mimika.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 29 Juli 2019  |  01:34 WIB
Rini Soemarno Minta Tambang Freeport Sejahterakan Masyarakat Sekitar
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengunjungi tambang emas Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia di Timika, Papua Barat, Minggu (28/7/2019). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengharapkan keberadaan tambang Freeport harus bisa meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat-masyarakat di Papua Barat, khususnya wilayah Mimika.

Terlebih, 94 persen pendapatan asli di wilayah Mimika berasal dari tambang emas tersebut. Harapan itu dilontarkan Rini saat mengunjungi tambang emas Grasberg yang dikelola PT Freeport Indonesia di Timika, Papua Barat.

Kunjungan ini merupakan yang pertama kalinya sejak 51 persen saham Freeport dikuasai Indonesia melalui holding BUMN Tambang, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)

“Pengelolaan tambang ini mampu meningkatkan dan mampu mendorong ekonomi nasional, khususnya Provinsi Papua Barat. Ini tanggung jawab bersama Freeport dan Inalum. Jadi kita sudah harus meningkatkan program-program untuk masyarakat. Sehingga masyarakat Mimika dan sekitar tambang bisa menjadi mandiri jika sudah tidak ada Freeport lagi,” katanya seperti dikutip dalam rilis, Minggu (28/7/2019).

Menteri Rini mengatakan pemberdayaan masyarakat di wilayah pertambangan menjadi tugas berat bersama antara pemerintah dan perusahaan. Menurutnya, banyak daerah-daerah yang justru tidak berkembang setelah tambang tidak lagi beroperasi.

Rini meminta Freeport dan Inalum meminta pembangunan pabrik pengolahan atau smelter di dekat lokasi pertambangan sehingga ekonomi masyarakat yang berada di dekat lokasi tambang bisa meningkat.

“Ini merupakan program pak presiden, bagaimana masyarakat di desa dan dekat lokasi tambang itu bisa mendapatkan benefit sebesar-besarnya dari pertumbuhan ekonomi,” tegasnya.

Menurut Rini, tambang emas Freeport ini merupakan salah satu aset terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia. Aset terbaik karena bukan hanya dilihat dari keuntungan dan nilai material. Melainkan juga dilihat dari cara BUMN atau Negara mengelola tambang emas Freeport ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Freeport, Rini Soemarno

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top