BI & Pemerintah Bakal Angkat UMKM ke Pasar Global, Ini Caranya

Pemerintah, Bank Indonesia, perbankan, perusahaan dagang el atau e-commerce beserta UMKM binaan dan mitra BI sepakat untuk mengakselerasi UMKM di pasar global melalui beberapa bentuk fasilitasi.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 13 Juli 2019  |  18:52 WIB
BI & Pemerintah Bakal Angkat UMKM ke Pasar Global, Ini Caranya
Pengrajin bingkai foto - Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah, Bank Indonesia, perbankan, perusahaan dagang el atau e-commerce beserta UMKM binaan dan mitra BI sepakat untuk mengakselerasi UMKM di pasar global melalui beberapa bentuk fasilitasi.

Pertama, peningkatan kualitas produk UMKM sesuai dengan negara tujuan ekspor. Kedua, kemudahan prosedur ekspor berikut pemahaman regulasi dan prosedur serta program pendampingan dan pelatihan.

Kemudian ketiga, peningkatan pemahaman tata cara dan prosedur pembiayaan ekspor, serta keempat ialah pemanfaatan platform digital untuk memperluas pemasaran.

"Pengembangan UMKM yang dilakukan oleh BI dilakukan secara menyeluruh dari hulu ke hilir dengan pendekatan klaster, wirausaha atau pendekatan local economic development (LED)," demikian isi siaran pers BI tentang kesimpulan talkshow yang membahas topik 'UMKM Menembus Pasar Internasional' yang digelar pada Sabtu (13/7/2019) di Jakarta.

Kegiatan talkshow merupakan rangkaian dari Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 dengan pembicara dari BI, Ditjen Bea dan Cukai, Bank Negara Indonesia (BNI), Perusahaan e-commerce KU Ka dan Bawadi Coffee, serta UMKM binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi Aceh. 

Untuk lebih fokus dalam mengembangkan UMKM, BI telah menyusun peta jalan UMKM dan membangun database profil UMKM. Peta ini penting untuk menerapkan kebijakan UMKM berdasarkan klasifikasi yang telah disusun.

Klasifikasi ini menghasilkan pola yang seragam dalam pengembangan UMKM yang dibagi ke dalam empat level, yakni UMKM potensial, UMKM sukses, UMKM sukses digital, dan UMKM sukses ekspor.

Melalui sinergi pemerintah, BI, perbankan, perusahaan e-commerce beserta UMKM binaan dan mitra BI, UMKM Indonesia dapat menembus pasar global dan mendukung pengelolaan defisit transaksi berjalan serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pameran KKI 2019 berlangsung 12 - 14 Juli di Hall A Jakarta Convention Center. Masyarakat dapat mengunjungi pameran tanpa dipungut biaya mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB (Sabtu, 13/7/2019) dan 09.00–20.00 WIB (Minggu, 14/7/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bank indonesia, umkm

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup