Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awak Bus Damri Bandara Mogok, Kemenhub Turun Tangan

Kementerian Perhubungan mendesak Perum Damri segera menyelesaikan problem pemogokan massal bus layanan Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng Tangerang dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.
Bus Damri. /Bisnis.com
Bus Damri. /Bisnis.com

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Kementerian Perhubungan mendesak Perum Damri segera menyelesaikan problem pemogokan massal bus layanan Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng Tangerang dan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani menyatakan informasi di lapangan hanya ada 14 unit bus Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng yang beroperasi dari total di atas 200 unit bus.

“Kami minta direksi Damri bisa diselesaikan segera. Kalau lihat, saya kira bisa 30 menit bisa diselesaikan,” katanya di sela-sela Lokakarya Wartawan Perhubungan di Yogyakarta, Sabtu (6/7/2019).

Menurutnya, keputusan manajemen menghapus awak helper (kondektur) bus Bandara Soekarno-Hatta yang menjadi pemicu aksi pemogokan awak bus perusahaan pelat merah itu.

Penghapusan helper bus bandara dilakukan setelah Perum Damri menerapkan sistem tiket elektronik (e-ticketing) bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Dengan sistem e-ticketing, awak helper dirasa tidak diperlukan lagi.

Yani berharap problem mogok awak bus Damri bandara bisa diselesaikan segera agar masyarakat pengguna angkutan pemadu moda di Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma tetap bisa dilayani secara normal lagi.

Informasi di lapangan, paparnya, tidak ada layanan bus Damri dari sejumlah titik keberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma. Padahal, layanan bus Damri bandara pada sebagian besar lokasi di sekitar DKI Jabodetabek masih dilayani satu operator yaitu Damri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendra Wibawa
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper