Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Penerbangan Harus Diserahkan pada Mekanisme Pasar

AirAsia Group menilai bisnis apapun, termasuk penerbangan, bisa berkembang maksimal apabila diserahkan kepada mekanisme pasar.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 04 Juli 2019  |  19:59 WIB
Ilustrasi - Penumpang bersiap menaiki pesawat Air Asia, pada penerbangan perdana tujuan Pontianak-Kuching Malaysia di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (5 - 6).Antara/Muhammad Iqbal
Ilustrasi - Penumpang bersiap menaiki pesawat Air Asia, pada penerbangan perdana tujuan Pontianak-Kuching Malaysia di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (5 - 6).Antara/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - AirAsia Group menilai bisnis apapun, termasuk penerbangan, bisa berkembang maksimal apabila diserahkan kepada mekanisme pasar.

CEO AirAsia Group Tony Fernandes menilai kemajuan pesat yang dialami beberapa perusahaan berbasis digital, seperti Go-Jek, Traveloka, atau Tokopedia, tercipta karena pemerintah tidak terlalu ketat dalam menerapkan regulasi. Menurutnya, regulasi bisa membunuh bisnis itu sendiri.

"Saran saya, jangan membuat regulasi terlalu ketat. Biarkan pasar yang menentukan, konsumen yang memilih mana yang terjangkau atau tidak," kata Tony, Kamis (4/7/2019).

Dia menambahkan, apabila maskapai diberi kebebasan untuk menentukan sesuai mekanisme pasar akan tercipta iklim kompetisi yang sehat. Maskapai yang menetapkan harga terlalu mahal atau tidak memenuhi standar keselamatan, akan ditinggalkan dengan sendirinya oleh penumpang. 

Menurutnya, keberhasilan sebuah bisnis bukan ditentukan oleh adanya regulasi, melainkan karena usaha perusahaan itu sendiri. Apabila industri saat ini tidak cukup baik, ada pihak lain yang datang untuk bersaing menawarkan hal yang lebih menarik. "Pemerintah seharusnya cukup memfasilitasi para pelaku bisnis, bukan mengatur," ujarnya.

Pihaknya juga mengaku sangat menyukai suasana kompetisi dan berpihak kepada kepentingan konsumen. Tony juga melawan segala perilaku kartel.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airasia tony fernandes penerbangan
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top