Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pasar Johar Semarang Tuntas Direvitalisasi Akhir 2019

Renovasi pasar disesuaikan dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal, mulai dari perencanaan hingga pembangunan. Di samping itu, renovasi juga mengutamakan prinsip pelestarian bangunan cagar budaya.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 03 Juli 2019  |  10:47 WIB
Pasar Johar di Semarang ini dirancang oleh arsitek Thomas Karsten dan mulai dibangun pada 1938. Struktur atap cendawan menjadi salah satu ciri khas dari bangunan Pasar Johar. -  Kementerian PUPR.
Pasar Johar di Semarang ini dirancang oleh arsitek Thomas Karsten dan mulai dibangun pada 1938. Struktur atap cendawan menjadi salah satu ciri khas dari bangunan Pasar Johar. - Kementerian PUPR.

Bisnis.com, JAKARTA --- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan revitalisasi Pasar Johar di Semarang rampung pada akhir 2019. Pasar yang masuk dalam daftar cagar budaya ini dirombak sejak Agustus 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Pasar Johar direnovasi karena mengalami kerusakan akibat peristiwa kebakaran pada 2015 lalu. Dia menyebut, Pasar Johar merupakan pusat kegiatan ekonomi yang penting bagi masyarakat Semarang.

Basuki mengimbuhkan, renovasi pasar disesuaikan dengan keselarasan lingkungan dan mempertahankan kearifan lokal, mulai dari perencanaan hingga pembangunan. Di samping itu, renovasi juga mengutamakan prinsip pelestarian bangunan cagar budaya.

"Pasar Johar nantinya juga dapat menjadi objek wisata Kota Semarang, terlebih lokasinya berdekatan dengan Kawasan Kota Tua Semarang yang saat ini juga tengah ditata oleh Kementerian PUPR," ujar Basuki dalam siaran pers, Selasa (2/7/2019).

Untuk diketahui, renovasi Pasar Johar dikerjakan oleh PT Nindya Karya dengan nilai kontrak Rp146,09 miliar. Lingkup pekerjaan mencakup rehabilitasi bangunan, pekerjaan rangka atap lengkung, mekanikal elektrikal, dan pemasangan paving. Selanjutnya pemasangan tegel los penjual daging, pengecatan rangka meja lapak, dan pembuatan bak kontrol drainase.

Selain Pasar Johar, sejak tahun lalu,  Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya juga telah memulai rehabilitasi dan revitalisasi bangunan pasar yang rusak yakni Pasar Atas, Bukittinggi, Pasar Aksara Medan dan Pasar Prawirotaman Yogyakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

revitalisasi pasar PASAR JOHAR
Editor : M. Rochmad Purboyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top