Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seberapa Penting Latihan Bersama RI, Filipina, Jepang Atasi Tumpahan Minyak di Laut?

Tiga kapal patroli Indonesian Sea and Coast Guard (ISCG) bergabung dengan kapal patroli Philipines Coast Guard (PCG) dan Japan Coast Guard (JCG) dalam kegiatan latihan penanggulangan tumpahan minyak di Davao, Filipina.
Kebakaran akibat tumpahan minyak di Teluk Balikpapan/Bisnis-Fariz Fadhillah
Kebakaran akibat tumpahan minyak di Teluk Balikpapan/Bisnis-Fariz Fadhillah

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga kapal patroli Indonesian Sea and Coast Guard (ISCG) bergabung dengan kapal patroli Philipines Coast Guard (PCG) dan Japan Coast Guard (JCG) dalam kegiatan latihan penanggulangan tumpahan minyak di Davao, Filipina.

Tiga kapal patroli Indonesia yang terlibat dalam Regional Marine Pollution Exercise (Marpolex) itu adalah KN Sarotama-P.112 dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Tanjung Uban, KN Gandiwa-P.118 dari Pangkalan PLP Kelas II Bitung, dan KN Kalawai-P.117 dari Pangkalan PLP Kelas II Tual. Latihan digelar hari ini hingga 5 Juli.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ditjen Perhubungan Laut Ahmad menjelaskan pelatihan tumpahan minyak rutin dilaksanakan setiap tahun pada skala nasional dan setiap dua tahun untuk skala regional bersama Filipina.

"Tentunya, Ditjen Perhubungan Laut yang memiliki lima pangkalan penjagaan laut dan pantai, 296 unit pelaksana teknis di seluruh Indonesia dengan total armada kapal patroli 378 unit akan mengoptimalkan seluruh kemampuan personel dalam Marpolex ini," ujarnya melalui siaran pers, Senin (1/7/2019).

Keterlibatan rutin Direktorat KPLP dalam kegiatan Marpolex didasari oleh Peraturan Presiden No 109/2006 tentang Penanggulangan Keadaan Darurat Tumpahan Minyak di Laut yang menetapkan Menteri Perhubungan selaku Ketua Tim Nasional Penanggulangan Keadaan Darurat Tumpahan Minyak di Laut tingkatan Tier 3.

Berdasarkan Perpres itu, Menhub membentuk Pusat Komando dan Pengendali Nasional Operasi Penanggulangan Keadaan Darurat Tumpahan Minyak di Laut (Puskodalnas) dan menunjuk Dirjen Perhubungan Laut selaku Kepala Puskodalnas sekaligus Koordinator Misi Tingkatan Tier 3.

Tier 3 adalah kategorisasi penanggulangan keadaan darurat tumpahan minyak di laut berskala nasional dan lintas batas negara yang dilakukan bila operasi penanggulangan tumpahan minyak tidak dapat ditanggulangi oleh kemampuan lokal.

"Marpolex dilakukan untuk menguji kapabilitas personil Sea and Coast Guard setiap negara dalam menanggulangi kejadian tumpahan minyak Tier 3 dan untuk memfamiliarisasikan serta menguji sistem koordinasi lintas batas negara," jelas Ahmad.

Sementara itu, Tier 1 adalah kategorisasi penanggulangan keadaan darurat tumpahan minyak yang terjadi di dalam atau di luar Daerah Lingkungan Kepentingan Pelabuhan (DLKP) dan Daerah Lingkungan Kerja Pelabuhan (DLKR) Pelabuhan, atau unit pengusahaan minyak dan gas bumi atau unit kegiatan lain, yang mampu ditangani oleh sarana, prasarana dan personil yang tersedia di pelabuhan, unit pengusahaan minyak dan gas bumi, atau unit kegiatan lain.

Adapun Tier 2 adalah kategorisasi penanggulangan keadaan darurat tumpahan minyak yang terjadi di dalam atau di luar DLKP dan DLKR Pelabuhan, atau unit pengusahaan minyak dan gas bumi atau unit kegiatan lain, yang tidak mampu ditangani oleh sarana, prasarana dan personil yang tersedia pada pelabuhan atau unit pengusahaan minyak dan gas bumi atau unit kegiatan lain berdasarkan tingkatan Tier 1.

Adapun Regional Marpolex 2019 merupakan latihan bersama ke-21 sejak Marpolex pertama pada 1986 di Davao.

Regional Marpolex dilaksanakan secara bergiliran antara Indonesia dan Filipina.

Kegiatan ini tidak hanya menguji coba kesiapsiagaan personel dan peralatan dalam penanggulangan tumpahan minyak, tetapi juga menguji coba prosedur, alur komando, komunikasi, dan organisasi operasi penanggulangan tumpahan minyak dengan melibatkan seluruh kapasitas nasional dan juga bantuan negara tetangga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper