Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Mulai Verifikasi Calon Anggota BPK

Komisi XI DPR akan melakukan evaluasi administrasi kepada calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Suasana Sidang Tahunan MPR 2018 di Gedung DPR/MPR, Kamis (16/8)./JIBI-Felix Djody
Suasana Sidang Tahunan MPR 2018 di Gedung DPR/MPR, Kamis (16/8)./JIBI-Felix Djody

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi XI DPR akan melakukan evaluasi administrasi kepada calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Evaluasi administrasi diperlukan untuk menentukan sosok calon pengganti anggota BPK yang masa jabatannya berakhir pada Oktober 2019 mendatang.

"Hari ini rapat pimpiman dengan ketua kelompok komisi (Kapoksi) terkait evaluasi administrasi calon anggota BPK," mengutip keterangan resmi Komisi XI DPR yang diterima Bisnis.com, Senin (1/7/2019).

Adapun Komisi XI DPR telah menerima 64 pendaftar calon pimpiman di lembaga auditor tersebut. Dari nama-nama yang beredar, terdapat politisi yang sebagian gagal saat pemilihan legislatif kemarin.  Munculnya nama-nama politisi tersebut menjadi tantangan terkait independensi dan netralitas lembaga auditor negara tersebut.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, setidaknya ada dua partai yang menjadi asal para pendaftar anggota BPK. Pertama, dari Partai Demokrat ada nama Nurhayati Ali Assegaf yang juga caleg dari Malang Raya.

Kedua,  Gerindra terdapat sejumlah kadernya mulai dari Ferry Joko Juliantono, Haerul Saleh, Wilgo Zainar, hingga nama Pius Lustrilanang.

Ketiga, Daniel Lumban Tobing, politisi PDI Perjuangan ini tercatat sebagai calon legislatif di Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar VII.

Dalam penelusuran Bisnis.com,  sebagian besar daftar nama di atas selain politisi juga merupakan caleg atau calon legislatif yang gagal melenggang ke Senayan dalam pileg April kemarin.

Sementara itu, meski sebelumnya telah menjabat sebagai anggota BPK, nama petahana Harry Azhar Azis dan Achsanul Qosasih. Harry Azhar mantan Ketua BPK dan Politisi Golkar sedangkan Aqsanul anggota diketahui merupakan bekas politisi Demokrat.

Anggota Komisi XI DPR M.Misbakhun membenarkan bahwa nama-nama itu merupakan calon anggota BPK yang mendaftar dan dicatat di DPR. "Itu list daftar pendaftar anggota BPK itu dibuat oleh staf Komisi XI," katanya Minggu, Minggu (30/6/2019).

Adapun para pendaftar tersebut akan mempereburkan 5 posisi pimpinan BPK yang akan selesai tahun ini. Kelima posisi itu yakni sebelumnya dijabat oleh Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara, Harry Azhar Azis, Rizal Djalil, Achsanul Qosasih, dan Eddy Mulyani Soepardi (alm).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper