Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Presiden Jokowi dan Presiden Macri Bahas Kerja Sama Penerbangan dan Kereta Api

Argentina merupakan mitra perdagangan terbesar kedua Indonesia di Amerika Selatan. Potensi perdagangan antara kedua negara masih memiliki peluang untuk ditingkatkan.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 26 Juni 2019  |  14:03 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) berjalan bersama Presiden Argentina Mauricio Macri (kanan) di Istana Bogor, Rabu (26/6/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kiri) berjalan bersama Presiden Argentina Mauricio Macri (kanan) di Istana Bogor, Rabu (26/6/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, BOGOR — Presiden Joko Widodo menawarkan sejumlah produk industri strategis kepada Presiden Argentina Mauricio Macri.

Adapun, produk-produk yang dimaksud adalah pesawat yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia dan lokomotif kereta yang diproduksi PT INKA.

Tak hanya itu, Jokowi juga sempat menawarkan jasa pemeliharaan pesawat oleh PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMF) kepada Presiden Mauricio.

"Presiden Macri selanjutnya akan berdiskusi dengan pimpinan DI dan PT INKA sore hari ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas," kata Jokowi dalam pernyataan resmi bersama di Istana Bogor, Rabu (26/6/2019).

Menurutnya, Argentina merupakan mitra perdagangan terbesar kedua Indonesia di Amerika Selatan. Hingga saat ini, potensi perdagangan antara kedua negara masih memiliki peluang untuk ditingkatkan.

Data Kementerian Perdagangan mencatat total perdagangan antara Indonesia dengan Argentina mencapai US$1,7 miliar pada tahun lalu. Namun, Indonesia masih mencatatkan defisit neraca perdagangan dengan Argentina sebesar US$1,2 miliar pada periode yang sama.

Selain sektor industri strategis, Jokowi menyebut dirinya dengan Presiden Mauricio sepakat untuk meningkatkan kerja sama di sektor pertanian dan perdagangan.

Senada dengan Jokowi, Presiden Mauricio Macri juga menekankan bahwa pihaknya tertarik untuk bekerja sama di bidang perkeretaapian dan penerbangan.

"Ini potensinya sangat besar," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi argentina pt inka gmf aeroasia
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top