Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Langkah Kemenperin Terus Dukung Pemberdayaan IKM

Kemenperin terus mendorong tumbuhnya IKM serta wirausaha baru, salah satu upaya dilakukan adalah mendukung perusahaan e-commerce dalam memberdayakan bibit unggul di sektor ini.
Dirjen Industri Kecil Menengah Kemenperin Gati Wibawaningsih./Antara
Dirjen Industri Kecil Menengah Kemenperin Gati Wibawaningsih./Antara

Bisnis.com, MAKASSAR – Kementerian Perindustrian terus mendorong tumbuhnya industri kecil menengah (IKM) serta wirausaha baru, salah satu upaya dilakukan adalah mendukung perusahaan e-commerce dalam memberdayakan bibit unggul di sektor ini.

“Kami berharap e-commerce menjadi gerbang bagi pelaku IKM untuk bertransformasi dengan menggunakan alat promosi digital, sistem informasi digital, pembayaran digital, serta manajemen relasi dengan pelanggan secara digital pula,” kata Sekretaris Ditjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Eddy Siswanto melalui keterangan tertulis pada Senin (24/6/2019).

Dia mengemukakan Kemenperin mitra salah satu perusahaan e-commercee, Blibli.com, dalam menggelar kompetisi wirausaha kreatif The Big Start Season 4. Kolaborasi tersebut diharapkan mampu memperkuat daya saing industri menyongsong era Revolusi Industri 4.0.

“Kami memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Blibli.com yang telah bahu membahu bersama Ditjen IKMA untuk mendorong perkembangan usaha rekan-rekan pelaku IKM di Indonesia,” ucapnya.

Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih menyebutkan The Big Start Season 4 yang mengusung tema Local Goes Global Through Digital sejalan dengan prioritas nasional Kemenperin dalam pemberdayaan IKM untuk meningkatkan ekspor melalui pemanfaatan teknologi digital.

“Dalam era digital seperti sekarang, transisi proses jual beli konvensional menjadi jual beli online semakin berkembang. Tidak hanya untuk produk berupa barang, bahkan jasa. Karena itu kami melihat industri e-commerce menjanjikan potensi pasar yang sangat besar,” jelasnya.

Gati menambahkan untuk membantu para pelaku IKM dalam menangkap peluang sekaligus menghadapi tantangan saat munculnya banyak e-commercesejak 2017, Kemenperin telah meluncurkan program e-Smart IKM yang melibatkan marketplace digital di Tanah Air sebagai salah satu infrastruktur pendukung.

“Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program ini adalah workshop e-Smart IKM, pembinaan sebagai tindak lanjut workshop, bimbingan teknis kepada IKM, serta pendampingan tenaga ahli digital marketer untuk membantu pemasaran,” jelasnya.

Gati meyampaikan Kemenperin terus aktif memberikan pembinaan terhadap para pelaku usaha dan calon wirausaha IKM melalui beberapa program, antara lain penumbuhan wirausaha IKM, penguatan sentra IKM, dan Unit Pelayanan Teknis (UPT), memfasilitasi pengembangan produk dan penguatan kapasitas serta link and match IKM.

Dalam program penumbuhan wirausaha, sejak 2018 Kemenperin telah memberikan bimbingan teknis wirausaha kepada lebih dari 12.500 IKM, dan telah memberikan fasilitasi legalitas usaha kepada sekitar 5.000 IKM.

“Penerima manfaat program ini di antaranya terdiri dari pondok pesantren, penghuni lembaga pemasyarakatan. Kemudian peserta Program Keluarga Harapan (PKH) kerja sama dengan Kementerian Sosial, dan alumni pekerja migran dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia,” paparnya.

Pada program penguatan sentra IKM dan UPT, Kemenperin memberikan fasilitas mesin peralatan produksi, pendampingan sentra IKM oleh tenaga penyuluh lapangan (TPL), serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM).

“Dukungan yang diberikan melalui UPT di antaranya dilaksanakan melalui revitalisasi mesin atau peralatan, dan pelatihan serta magang bagi operator UPT,” ungkapnya.

Selanjutnya dalam program link and match IKM dilakukan penghubungan rantai nilai pelaku IKM, sehingga produk IKM satu dan yang lainnya bisa saling melengkapi.

Dengan terjalinnya hubungan di dalam rantai nilai tersebut, diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah produk pelaku IKM, yang kemudian memberikan dampak positif kepada usaha mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper