H+8 Lebaran Pusat Belanja Sepi

Pasar ritel terutama yang diisi oleh tenant pakaian dan barang konsumsi seperti di Blok M Plaza dan Pasaraya cederung sepi pengunjung usai lebaran.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 13 Juni 2019  |  17:38 WIB
H+8 Lebaran Pusat Belanja Sepi
Blok M Square - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pusat belanja seperti Blok M Square dan Pasaraya terlihat masih lengang H+8 Lebaran, pada Kamis (13/6/2019) siang. Banyak toko-toko yang masih tutup dan belum banyak pengunjung yang berlalu lalang.

Beberapa pemilik toko yang buka juga dengan semangat memanggil pengunjung agar tertarik membeli barang dagangannya.

Rosita (41) pemilik toko aksesoris gawai di Blok M Square mengatakan bahwa setelah Lebaran memang umumnya pengunjung masih cenderung sepi. Para tetangga tokonya pun disebut Rosita baru akan buka awal pekan depan.

“Saya datang duluan karena memang nggak mudik dan biar dapat rezeki lebih, ketika yang lainnya belum buka saya sudah, jadi kan pada kesini [tokonya],” ungkapnya saat ditemui Bisnis, Kamis (13/6/2019).

Hal senada disebutkan Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View Alvin Andronicus bahwa pasar ritel terutama yang diisi oleh tenant pakaian dan barang konsumsi seperti di Blok M Plaza dan Pasaraya cederung sepi pengunjung usai lebaran.

“Umumnya satu sampai dua bulan sebelum lebaran orang udah mulai belanja, udah semua siap lebaran, nah sekarang secara pasar belum balik. Tenant belum kembali jualan juga, dan memang masa liburan belum selesai,” ungkapnya.

Menurutnya, tahun ini periode sepi pengunjung diprediksi akan lebih panjang hingga pertengahan Juli, karena libur anak sekolah yang masih berlangsung untuk menyambut tahun ajaran baru. Selain itu, pabrik-pabrik yang berproduksi, kata Alvin, juga baru aktif menunggu respons dari pasar.

Selama bertahun-tahun kondisi pasar memang akan sepi setelah lebaran. Namun, tahun ini tambah parah dengan adanya libur sekolah yang panjang. Alvin menerangkan bahwa menuju masuk tahun ajaran baru, orang akan memfokuskan pengeluarannya untuk memenuhi kebutuhan sekolah mulai dari peralatan hingga biaya masuk sekolah.

Kondisi berbeda dirasakan di pusat belanja mal yang mayoritas diisi tenant makanan, minuman, dan hiburan. Alvin menyebutkan, di mal pada masa liburan justru akan lebih ramai, karena mal itu bisa juga dijadikan tempat rekreasi dan kumpul keluarga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
blok m, pusat belanja, ritel modern

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top