Penutupan Rest Area Jalan Tol Bersifat Situasional

Kepolisian akan menindak tegas pengguna jalan yang berhenti sembarangan di bahu jalan untuk mengakses rest area sehingga mengakibatkan kepadatan panjang di lajur.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 08 Juni 2019  |  14:12 WIB
Penutupan Rest Area Jalan Tol Bersifat Situasional
Foto udara kepadatan pemudik di rest area Candiareng KM 344 di Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Sabtu (1/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jasa Marga (Persero) Tbk tidak akan menutup rest area secara penuh dan akan melakukan rekayasa buka tutup rest area secara situasional jika terjadi kepadatan di rest area.

Corporate Communications Departement Head, Jasa Marga, Irra Susiyanti menuturkan langkah ini menindaklanjuti informasi sebelumnya mengenai penutupan rest area sementara Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang akan diberlakukan hari ini, Sabtu (8/6/2019) selama 12 jam.

"Rekayasa buka tutup rest area ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi dan Evaluasi Arus Balik hari pertama, antara Jasa Marga, Korlantas RI, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, yang berlangsung pagi ini di Posko Pantau Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama," ungkapnya dalam keterangan, Sabtu (8/6/2019).

Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Refdi Andri mengungkapkan bahwa Kepolisian akan mendukung penuh pelaksanaan buka tutup rest area arah Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Kepolisian, katanya, akan menindak tegas pengguna jalan yang berhenti sembarangan di bahu jalan untuk mengakses rest area sehingga mengakibatkan kepadatan panjang di lajur.

“Kami akan menambah petugas Kepolisian wilayah di masing-masing area agar titik-titik kepadatan menjelang rest area dapat diantisipasi oleh petugas lebih dini. Selain itu, petugas Kepolisian juga akan membantu proses buka tutup rest area secara situasional,” jelas Refdi.

Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur tetap mengimbau pengguna jalan untuk sedapat mungkin menghindari rest area di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta pada saat rekayasa one way berlangsung.

“Kami tetap mengimbau pengguna jalan dapat mampir ke rest area-rest area sebelum masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek, terutama rest area arah Jakarta. Isi penuh BBM, top up uang elektronik dan beristirahatlah sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” jelas Subakti.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan rest area sesuai dengan kebutuhan dan bersikap bijak dalam menghabiskan waktu di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya.

"Tetap hati-hati berkendara, perhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rest area, mudik lebaran 2019

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top