Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Libur Lebaran : Tak Melaut Nelayan di Takalar Nikmati Main Karambol

Nelayan di daerah pesisir Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan belum melaut, tetapi masih menikmati libur Lebaran dengan bermain karambol
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 07 Juni 2019  |  13:20 WIB
Puluhan perahu nelayan yang berada di pesisir pantai Galesong Kabupaten Takalar Sulsel tengah menganggur karena para nelayan masih menikmati libur pasca lebaran tiga hari lalu. - ANTARA
Puluhan perahu nelayan yang berada di pesisir pantai Galesong Kabupaten Takalar Sulsel tengah menganggur karena para nelayan masih menikmati libur pasca lebaran tiga hari lalu. - ANTARA

Bisnis.com, MAKASSAR - Nelayan di daerah pesisir Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan belum melaut, tetapi masih menikmati libur Lebaran dengan bermain karambol

Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah yang baru saja dirayakan umat Islam berdampak pada aktivitas melaut para nelayan, khususnya di daerah tersebut. Nelayan setempat belum turun melaut sejak H-1 Lebaran hingga Jumat (7/6/2019).

"Rencana besok mulai cari ikan lagi karena masih banyak yang pergi ziarah [silaturahim]," kata Daeng Naba, yang ditemui di pinggir pantai Galesong, Jumat.

Sedikitnya 100 perahu yang disebut lepa-lepa di Sulawesi Selatan terlihat berjejer di bibir pantai, karena para awak kapalnya masih belum melaut. Beberapa nelayan masih sibuk berkunjung ke rumah sanak saudaranya hingga ada yang memanfaatkan hari libur untuk istirahat dan bersantai di rumah.

"Kami hampir tidak ada istirahat, karena sehari sebelum Lebaran lalu berhenti melaut. Kesempatan itu kita pakai untuk belanja keperluan Lebaran juga," katanya.

Libur lebaran ini berdampak pada kelangkaan ikan di sejumlah pelelangan ikan, seperti di Tempat Pelelangan Ikan Beba, Takalar, serta beberapa pelelangan kecil di sekitar Galesong.

Bukan itu saja, berdasarkan pantauan, pedagang ikan yang kerap kali lalu-lalang di depan rumah warga terlihat tidak muncul beberapa hari setelah lebaran ini.

"Susah juga, meski mau melaut tapi biasnya tidak ada umpan. Umpan itu berupa ikan-ikan kecil, kalau itu tidak ada, bagaimana cara kami menangkap ikan yang lebih besar," katanya.

Aktivitas melaut setiap harinya di tempat itu biasanya dilakukan pada pukul 02.00 WITA dini hari hingga pukul 08.00 WITA hingga pukul 10.00 WITA.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nelayan libur lebaran

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top