Arus Balik di Pelabuhan Gilimanuk Terpantau Lebih Merata

Arus balik di pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Gilimanuk, Jembrana, diperkirakan tidak akan mencapai puncak karena waktu libur anak sekolah masih panjang.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali | 06 Juni 2019 19:04 WIB
Ilustrasi - Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk pada saat memasuki arus balik Lebaran 2019. - Bisnis/Tim Jelajah Jawa Bali 2019

Bisnis.com, JEMBRANA — Arus balik di pelabuhan Ketapang, Banyuwang,i menuju Gilimanuk, Jembrana, Bali, diperkirakan tidak akan mencapai puncak karena waktu libur anak sekolah masih panjang.


General Manager PT ASDP Ferry Indonesia Fahmi Alweni sebelumnya mengatakan bahwa arus balik di pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk akan memuncak pada H+7dan H+10 Lebaran atau pada Minggu (16/6/2019).


Namun, diprediksi pada saat itu pula tidak akan terjadi penumpukan kendaraan lantaran, menurutnya, masyarakat dalam menentukan jadwal perjalanan balik cenderung lebih bebas dibandingkan dengan arus mudik ketika orang ingin sampai di waktu sebelum hari H Lebaran.


"H+10 itu kan jauh dari Lebaran, karena libur anak sekolah habis, bukan karena lebarannya. Ini karena yang ke Bali lebih banyak yang liburan juga," ujar Fahmi.


Berdasarkan data ASDP, pada Rabu (5/6) hari H Lebaran hingga Kamis (6/6), di pelabuhan Gilimanuk tercatat ada 202 perjalanan atau 2% dari periode yang sama tahun lalu. Adapun, dari jumlah penumpang turun 10% dibandingkan dengan tahun lalu dari 24.771 menjadi 22.245 penumpang.


Tim Jelajah Jawa Bali 2019: Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Wibi Pratama, Mutiara Nabila, Ni Putu Eka Wiratmini

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Arus Balik, pelabuhan gilimanuk, Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top