Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JELAJAH LEBARAN JAWA BALI 2019: Pertamina Antisipasi Lonjakan Kebutuhan BBM

Pertamina juga mengoptimalkan penyaluran dari Terminal BBM ke SPBU lebih awal, mulai dari jam 00:00 WIB dan beroperasi selama 24 jam.
Truk tangki BBM dengan konsep tematik./Bisnis
Truk tangki BBM dengan konsep tematik./Bisnis

Bisnis.com, BANYUWANGI -- PT Pertamina (Persero) memproyeksi kebutuhan BBM jenis Gasoline (Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, Premium) di Jatim pada H+1 ini mencapai 15.000 kilo liter, atau 16 persen di atas konsumsi normal pada arus mudik lebaran 2019.

Maka dari itu, perseroan menyusun beberapa strategi untuk mengantisipasi hal tersebut.

Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus, Rustam Aji, menyatakan terdapat beberapa titik di Jawa Timur yang diprediksi menjadi tujuan wisatawan seperti Kota Malang, Batu, Kediri, Banyuwangi, dan Surabaya. Lanjutnya, perseroan melakukan build up stock di beberapa SPBU sekitar daerah wisata dan memberikan fasilitas kredit kepada SPBU.

“Kami juga mengoptimalkan tim satuan tugas [Satgas] yang selalu monitor keadaan di lapangan, serta menyiagakan mobil tangki di 16 SPBU Kantong, diantaranya di Jombang, Probolinggo, Lumajang, Batu, Malang, Ngawi, Pacitan, Nganjuk, dan Jember”, ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (6/6/2019).

Rustam menambahkan perseroan juga mengoptimalkan penyaluran dari Terminal BBM ke SPBU lebih awal, mulai dari jam 00:00 WIB dan beroperasi selama 24 jam. Hal tersebut, menurutnya, untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan yang mengisi bahan bakar.

Rustam memproyeksi puncak arus wisata dan arus mudik ini akan terjadi mulai H+1 sampai dengan H+4 Lebaran. Perseroan telah menyiapkan motoris siaga untuk menyalurkan BBM di kondisi kemacetan.

"Kami mengimbau kepada para wisatawan dan masyarakat yang akan melakukan perjalanan balik, untuk dapat mengisi penuh BBM di lokasi awal, untuk menghindari kepadatan pengisian BBM di rest area”, jelasnya.

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper