Libur Lebaran, Kunjungan ke Taman Rekreasi Diprediksi Tumbuh 15 Persen

Tingkat kunjungan masyarakat pada libur Lebaran tahun ini, diperkirakan tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 05 Juni 2019  |  15:06 WIB
Libur Lebaran, Kunjungan ke Taman Rekreasi Diprediksi Tumbuh 15 Persen
Ilustrasi - Wisatawan berekreasi saat libur sekolah menjelang Idulfitri di Pantai Balaikambang, Malang, Jawa Timur, Minggu (18/6). Libur sekolah yang jatuh bersamaan dengan H-6 Idulfitri dimanfaatkan masyarakat setempat untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata. ANTARA FOTO - Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, DENPASAR - Tingkat kunjungan masyarakat pada libur Lebaran tahun ini, diperkirakan tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.


Sekretaris Eksekutif Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi (Putri) Gunawan Wibisono memprediksi, pada libur Lebaran 2019, pertumbuhan tingkat kunjungan masyarakat ke taman rekreasi mencapai 15% secara year on year (yoy). Adapun pada tahun lalu, tingkat kunjungan saat libur Lebaran tumbuh 10% secara yoy.


Namun demikian, dia menilai pertumbuhan tersebut belum mencapai titik maksimalnya yang diperkirakan mencapai 20% secara yoy pada libur Lebaran kali ini.


"Pilihan waktu berlibur masyarakat pada libur Lebaran kali ini terpecah oleh periode liburan sekolah yang berdekatan rentang waktunya. Alhasil tidak semua masyarakat menghabiskan waktunya untuk berwisata pada libur Lebaran saja," katanya, Rabu (5/6/2019).


Dia menambahkan, konsentrasi kunjungan ke taman rekreasi terbesar pada libur Lebaran kali ini ada di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. 


Secara lebih spesifik, lonjakan kunjungan masyarakat paling tinggi terjadi di taman rekreasi yang berdekatan dengan tol Trans Jawa. Terlebih, menurut perkiraannya, mobilitas masyarakat saat mudik atau libur Lebaran akan lebih banyak dilakukan dengan moda transportasi darat.


"Bagi pengusaha taman rekreasi yang berdekatan dengan tol Trans-Jawa, libur Lebaran kali ini akan menjadi momentum yang tepat untuk mengeruk cuan," katanya.


Sementara itu, untuk Pulau Bali, aktivitas berlibur ke taman rekreasi akan tetap tinggi pada libur Lebaran 2019. Pasalnya, menurutnya, Bali masih menjadi primadona bagi para pelancong domestik yang tidak melakukan aktivitas mudik. 

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019: Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rekreasi, Jelajah Jawa-Bali

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top